Lapor Mang Sripo

Benarkan Uang Pensiun Dibayar Sekaligus?

Kami adalah anggota keluarga yang memiliki keluarga yang sudah menikmati uang pensiun dari Pegawai Negeri Sipil. Beberapa waktu terakhir ini kami mend

Benarkan Uang Pensiun Dibayar Sekaligus?
takafulplatinum.blogspot.com
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Yth. Pihak terkait. Kami adalah anggota keluarga yang memiliki keluarga yang sudah menikmati uang pensiun dari Pegawai Negeri Sipil. Beberapa waktu terakhir ini kami mendengar adanya kabar bahwa uang pensiun akan dibayarkan sekaligus. Mohon penjelasan apakah benar kabar ini? Jika memang benar apakah ada syarat yang harus dipenuhi. Mohon penjelasannya.
08218663xxx

Berita Lainnya:  PNS Lahat Dihimbau Berinvestasi Sebelum Pensiun

Jawab:
Dana Pensiun PNS tak Dibayar Sekaligus
Terima kasih atas pertanyaannya. Perlu kami jelaskan sebagai berikut. Belakangan ini banyak beredar informasi jika pensiunan akan mendapatkan dana pensiun sekaligus dengan angka fantastis. Berita itu tidak benar jika akan ada pembayaran dana pensiun sekaligus oleh Pemerintah. Tidak benar jika akan ada pembayaran dana pensiun. Pasalnya, sampai saat ini belum ada perubahan undang-undang terkait hal itu. Dalam aturan UU Nomor 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai, tidak ada disebutkan ada pembayaran gaji pensiun sekaligus.

Jika bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tidak ada aturan terbaru. Karena, dalam UU hanya non APBN yang dapat dibayarkan sekaligus, itupun harus sesuai aturan UU Nomor 11 Tahun 1992. Harus dipahami oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang lebih dikenal PNS, untuk swasta dalam aturannya begitu selesai langsung dibayarkan. Sedangkan PNS adalah abdi negara, berbeda dengan mereka yang menggunakan dana non APBN yang berstatus sebagai pekerja. Kalo swasta, mereka bekerja dulu, begitu selesai maka langsung dibayarkan penuh. Sedangkan untuk PNS mereka adalah abdi negara.

Adanya isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang berhubungan dengan hak pensiunan, Taspen menyarankan agar para pensiunan tidak mempertanyakannya dengan pihak lain. Pensiunan dapat langsung datang ke kantor Taspen. Seluruh pengelolaan keuangan pemerintah itu ada aturannya. Jadi jika ada yang bilang dana pensiunan PNS akan dibayarkan sekaligus, minimal harus ada pembahasan Rancangan UU. Sampai sekarang belum ada arah ke sana bahkan wacananya. Saat ini PT Taspen (Persero) terus meningkatkan layanannya. Saat ini disediakan Layanan Klaim Otomatis (KLO).

Prinsipnya pensiun tidak perlu urus ke Taspen, untuk mengetahui pencairan uang pensiunan. Saat jatuh tempo, secara otomatis dana pensiun sudah masuk ke mitra bayar. Ada 14 mitra bayar yang bekerjasama dengan Taspen, 13 Lembaga perbankan dan satu Kantor Pos. Demikian penjelasan kami dan terima kasih. (saf)

Maryono
Kepala Seksi (Kasi) Bagian Umum dan Humas
PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help