Lomba Engrang Meriahkan HUT ke-70 Kabupaten Muaraenim

Pemkab Muaraenim menggelar lomba Engrang pada HUT Kabupaten Muaraenim ke-70 di lapangan Merdeka Muaraenim, Minggu (27/11/2016)

Lomba Engrang Meriahkan HUT ke-70 Kabupaten Muaraenim
SRIPOKU.COM/ARDNI ZUHRI
para peserta lomba enggrang final antar SKPD berlangsung meriah, di Muaraenim, Minggu (27/11). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Dalam rangka melestarikan permainan tradisional Indonesia, Pemkab Muaraenim menggelar lomba Engrang pada HUT Kabupaten Muaraenim ke-70 di lapangan Merdeka Muaraenim, Minggu (27/11/2016)

"Kita sengaja memilih permainan tradisional supaya terus lestari," ujar Kepala BPKAD Muaraenim yang diwakili oleh Kabid Anggaran BPKAD Muaraenim M Tarmizi Ismail SE MSi.

Menurut Tarmizi, tujuan pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini adalah selain memang ditunjuk oleh panitia HUT Kabupaten Muaraenim ke-70 sebagai penyelenggara, juga untuk melestarikan dan mengangkat permainan tradisional ke tengah-tengah masyarakat terutama anak-anak muda dengan permainan engrang.

Karena saat ini, terutama para generasi muda sudah banyak yang melupakannya dan lebih tertarik dengan permainan modern seperti permainan dengan gadget, HP, playstation dan sebagainya yang menggunakan tekhnologi.

Dengan Engrang, hanya menggunakan biaya sangat murah seperti bambu, tetapi sudah bisa bermain dan berolahraga.

"Bermain engrang ini filosofinya banyak sekali selain ketangkasan, kekompakan, kecepatan, keseimbangan dan lain-lain," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, kata Tarmizi, diikuti oleh delapan tim putri dan 10 tim putra, Untuk tim putri dimenangkan oleh Sat Pol PP juara I, Batalyon 141 juara II dan Dishub juara III.

Sedangkan tim putra untuk juara I Dishub, juara II BPKAD dan juara III Sat Pol PP. Untuk para pemenang selain diberikan trophy juga uang pembinaan.

"Lomba engrang ini sudah dua kali kita gelar, dan kedepan akan terus dilakukan," katanya.(

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help