SriwijayaPost/

Gemar Bertualang, Turis Indonesia di Sabah, Malaysia

Wisata alam menjadi alasan utama turis asal Indonesia liburan ke Sabah, Malaysia. Turis Indonesia bertualang ke daerah gunung dan pantai khususnya di

Gemar Bertualang, Turis Indonesia di Sabah, Malaysia
ISTIMEWA
Gunung Kinabalu, Sabah, Malaysia. 

SRIPOKU.COM , KOTA KINABALU – Wisata alam menjadi alasan utama turis asal Indonesia liburan ke Sabah, Malaysia. Turis Indonesia bertualang ke daerah gunung dan pantai khususnya di sekitar Kinabalu.

Berita Lainnya:  Gempa Nepal, Turis Indonesia Beralih Destinasi

“Orang Indonesia datang ke sini (Sabah) untuk bertualang. Biasanya mereka pergi ke pulau. Karena pulau di sini berdekatan dengan kota Kinabalu,” kata Marketing Manager Sabah Tourism Board, Bobby Alex kepada KompasTravel di sela-sela acara “Familiarization Sabah Trip” di Kota Kinabalu beberapa hari lalu.

Ia mengatakan biasanya turis Indonesia pergi ke area Tunku Abdul Rahman National Park seperti Pulau Manukan dan Pulau Sapi. Menurut Bobby, turis Indonesia di pulau-pulau tersebut relatif menikmati waktu di pulau.

“Ada lima pulau (di Tunku Abdul Rahman National Park), tapi itu yang paling terkenal oleh turis Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bobby, turis Indonesia juga gemar mendaki Gunung Kinabalu. Namun, tak hanya mendaki gunung, turis Indonesia juga beristirahat menikmati suhu dingin dan pemandangan dari kaki Gunung Kinabalu di Kundasang, Ranau, Sabah.

Gunung Kinabalu sendiri berstatus gunung tertinggi di Pulau Kalimantan dan berada di bawah pengelolaan Kinabalu Park. Gunung Kinabalu berketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Data Sabah Tourism Board mencatat kunjungan turis Indonesia ke Sabah selama tahun 2014 sebanyak 28.679 kunjungan. Sementara selama tahun 2015 sebanyak 26.149 kunjungan.

General Manager Likas Square Apartement Hotel, David Kong membenarkan pernyataan Bobby. Menurut pengamatannya, turis-turis Indonesia biasanya memang pergi ke pulau dan gunung di Sabah khususnya Kinabalu untuk menikmati pemandangan alam.

“Biasanya turis Indonesia tinggal di sekitar Kinabalu. Mereka rata-rata menginap di Kinabalu selama 3-5 hari. Mereka pergi melihat-lihat kota, pergi ke pulau dan naik gunung,” jelas David kepada KompasTravel di kesempatan yang sama.

Sabah adalah salah satu negara bagian Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan. Sabah bisa diakses menggunakan pesawat secara langsung dari Jakarta.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help