Pemkab OKI Bantu Veteran Dalam Bentuk Tali Asih

Hanya saja, tiap moment pihaknya senantiasa memberikan bantuan "Tali asih" terhadap semua veteran.

Pemkab OKI Bantu Veteran Dalam Bentuk Tali Asih
SRIPOKU.COM/MAT BODOK
Kepala Dinas Sosial OKI Dwi M Zulkarnain 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG-- Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Sosial OKI mencatat hingga saat ini kuantitas veteran yang ada di wilayah Bumi Bende Seguguk capai 60 orang. Angka itu belum dikurangi dengan jumlah veteran yang sudah tutup usia.

"Berdasar data dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) OKI memiliki 60 veteran. Tapi, laporan yang masuk tahun ini sudah ada 11 veteran yang tutup usia sehingga jumlah veteran di OKI makin berkurang," ujar Kepala Dinas Sosial OKI Dwi M Zulkarnain, Minggu (13/11/2016).

Dia mengklaim pihaknya tidak mengalokasikan dana khusus untuk membantu para pejuang kemerdekaan. Hanya saja, tiap moment pihaknya senantiasa memberikan bantuan "Tali asih" terhadap semua veteran.

Untuk besaran bantuan "tali asih" pun sebesar Rp 500.000 per orang. Pemberian tali asih didasar moment tertentu seperti momentum 17 Agustus, Hari Pahlawan, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) maupun moment lainnya.

"Anggaran yang dimiliki Dinas Sosial sangat terbatas sehingga kami tidak dapat menggelontorkan bantuan dana per bulan maupun per tahun yang diberikan ke veteran. Tapi kami hanya berikan bantuan dalam bentuk tali asih," terangnya.

Terkait usulan untuk melakukan rehab rumah para veteran, masih kata dia, hal itu kemungkinan dapat dilakukan. Perehaban rumah veteran bisa diusulkan untuk dimasukkan ke dalam program Dinas Sosial.

"Tapi, rata-rata usulan rehab rumah veteran itu tidak terealisir baik menginggat dana yang dimiliki sangat terbatas. Ke depan, kami upayakan menggandeng pihak terkait lainnya seperti melibatkan Dinas PUCK untuk memasukkan program rehab rumah veteran," tandasnya. 

Penulis: Mat Bodok
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved