SriwijayaPost/

"Saya kira bangkai hewan, rupanya bunga bangkai"

Bunga Bangkai tetsebut tumbuh subur di antara tanaman terong bulat kecil. Diperkirakan Bunga Bangkai tersebut mekar baru tiga hari.

sripoku.com/wawan seftiawan
Bunga Bangkai yang ditemukan warga di halaman rumah Mbah Sur (70) Desa Tanjung Payang.

SRIPOKU.COM, PAGARALAM – Warga Dusun Tanjung Payang, Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Rabu (9/11/2016) menemukan bunga bangkai yang tumbuh subur di pekarangan halaman belakang rumah milik Mbah Sur (70), warga Dusun Tanjung Payang.

Pantauan Sripo, Rabu (9/11/2016) mendapati bunga yang tumbuh tidak wajar dengan ukuran setinggi sekitar 60 sentimeter, panjang mahkota 15 sentimeter, dan lingkar kelopak berdiameter 40 sentimeter. Baunya tidak sedap dan memiliki warna yang mencolok, yakni warna merah keunguan dan bintik-bintik putih di seputar bagian batang bunga.

Sesekali ada banyak lalat mengitari di sekitar bunga tersebut. Bunga Bangkai tetsebut  tumbuh subur di antara tanaman terong bulat kecil. Diperkirakan Bunga Bangkai tersebut mekar baru tiga hari.

Riko (40), warga sekitar mengatakan, bunga pertama kali ditemukan warga secara tidak sengaja, setelah sebelumnya mencari sumber bau busuk yang diduga bangkai hewan peliharaan di luar rumah.

"Awalnya kita menduga bau busuk ini berasal dari bangkai hewan. Tapi setelah dicari-cari sumber bau busuk tersebut, kita menemukan bunga bangkai berwarna merah keunguan sudah mekar," kata Riko.

Senada dikatakan Merly (27), warga lainnya, dirinya tidak menyangka bahwa bau busuk yang begitu menyengat hidung berasal dari bunga bangkai tumbuh di samping rumah.

"Ya, lama juga saya mencari bau busuk, ternyata di samping rumah ada bunga bangkai tumbuh," ujarnya.

Keberadaan bunga langka tersebut sontak menjadi tontonan warga sekitar, terutama anak-anak dan ibu-ibu yang berdatangan untuk melihat dari dekat bunga bangkai ini.

Editor: Refly Permana

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help