8 Cara Sederhana, Tingkatkan Kualitas Mental

Memiliki mental yang berkualitas sangat diperlukan oleh seseorang agar dapat berpikir jernih, memiliki jiwa yang sehat, hidup bahagia, atau dapat menc

8 Cara Sederhana, Tingkatkan Kualitas Mental
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Memiliki mental yang berkualitas sangat diperlukan oleh seseorang agar dapat berpikir jernih, memiliki jiwa yang sehat, hidup bahagia, atau dapat mencapai tujuan hidupnya.

Seorang Life Coach, Lukas Schwekendiek mengungkapkan, setidaknya ada 8 cara untuk meningkatkan mental yang sehat atau berkualitas.

Cara tersebut adalah kebiasaan sehari-hari yang ia temukan dari para CEO sukses dan ahli pengembangan kepribadian.

1. Ingat tujuan hidup atau impian Anda
Luangkanlah waktu hanya lima menit sebanyak dua kali sehari untuk meneguhkan kembali apa tujuan, impian, atau keinginan Anda dalam kehidupan.

Lukas mengatakan, sebagian besar orang tidak mencapai tujuannya bukan karena tidak berbakat atau terlalu malas, tetapi karena melupakan tujuan itu.

2. Menikmati udara segar
Pergilan berjalan-jalan ke taman atau tempat yang dikelilingi keindahan alam dan udara segar. Hanya 10 menit saja sehari, sudah bisa membantu melepaskan penat dalam pikiran.

3. Hidup sehat
Menjaga kesehatan jiwa tak terlepas dari kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur untuk kesehatan fisik sekaligus mental.

4. Meditasi
Lakukanlah meditasi untuk menenangkan diri. Meditasi bisa dilakukan 30 menit sehari atau total dua jam meditasi selama seminggu.

5. Tersenyum
Ada pendapat mengatakan, senyuman dapat mengubah dunia. Tak hanya membuat hidup Anda lebih bahagia, tetapi juga orang-orang di sekitar Anda yang mendapatkan senyuman itu. Berikanlah senyuman yang tulus kepada orang-orang di sekitar Anda.

6. Mengucapkan salam
Mengucapkan salam, menyapa setiap orang yang Anda temui saat memulai hari sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Menyapa orang banyak dapat meningkatkan rasa percaya diri.

7. Jujur
Besikaplah jujur dalam menjalani kehidupan, baik jujur terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kejujuran bisa dengan mengakui sebuah kebenaran, kemudian membuat pilihan terbaik. Kejujuran akan membuat hidup lebih baik.

8. Tertawa
Jangan lupa bahagia! Bersenang-senanglah yang bisa membuat Anda tertawa lepas. Jadilah diri sendiri, bersenda gurau bersama teman-teman, atau pergi jalan-jalan ke tempat yang Amda sukai.

Jangan penuhi hari Anda dengan emosi negatif. Coba ingat, apakah Anda sudah tertawa hari ini?

Penulis : Dian Maharani
Sumber : Medical Daily.com

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved