Home »

Techno

» News

50 Satelit Akan Potret Bumi Setiap Hari

Axelspace, perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang konstruksi satelit, berangan-angan ingin memberikan aneka data dari wahana antariksa yang bi

50 Satelit Akan Potret Bumi Setiap Hari
https://www.youtube.com/
Satelit Axelspace. 

SRIPOKU.COM - Axelspace, perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang konstruksi satelit, berangan-angan ingin memberikan aneka data dari wahana antariksa yang bisa diakses oleh siapa pun melalui Application Programming Interface (API).

Berita Lainnya:  Amerika Gandeng Perusahaan Swasta Kirimkan Manusia Ke Mars

Sebuah program khusus bernama AxelGlobe pun digelar. Progam ini bertujuan membangun jaringan berisi 50 satelit berkamera yang bakal memantau permukaan bumi dari angkasa secara konstan setiap hari.

Foto-foto hasil jepretan ke-50 satelit yang mengorbit Bumi ini bisa diakses oleh semua orang dan digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti mengamati perubahan di suatu daerah atau memantau pertumbuhan tanaman pangan.

Developer software bisa mengembangkan aplikasi dengan basis API Axelspace untuk menarik data dari satelit.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (18/10/2016), Axelspace menargetkan AxelGlobe bakal siap digelar dalam 6 tahun ke depan, pada 2022.

Bagaimana dengan persoalan privasi dari puluhan satelit yang memotret permukaan Bumi setiap hari?

CEO Axelspace Yuya Nakmura mengatakan pihaknya sengaja memakai kamera beresolusi rendah di satelitnya supaya orang-orang yang terpotret tidak bisa dikenali.

Meski demikian, data tentang obyek lainnya seperti tanaman pangan tadi masih bisa diamati dan dimanfaatkan.

Satelit-satelit dalam program AxelGlobe dibuat agar mengorbit Bumi dalam waktu hanya 25 hingga 30 tahun. Setelah itu, mereka akan kembali ke atmosfir Bumi secara otomatis supaya tak mengambang di orbit sebagai sampah angkasa.

Ilustrasi mengenai program ini bisa dilihat dalam tayangan di bawah.

Penulis : Oik Yusuf
Sumber : The Next Web.com

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help