Sumsel Dikepung Angin Kencang dan Petir

masyarakat Palembang dihimbau untuk tetap waspada. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang

Sumsel Dikepung Angin Kencang dan Petir
ISTIMEWA
Waterspout merupakan fenomena angin puting beliung yang membentuk pusaran air hingga menjulang ke atas dan terhubung ke awan cumuliform. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, masyarakat Palembang dihimbau untuk tetap waspada. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang, sepanjang bulan Oktober wilayah Palembang sekitar tetap dirudung hujan deras.

Bahkan ancaman tiupan angin kencang dan petir atau kilat, berpotensi terjadi. Sehingga dihimbau kepada masyarakat untuk waspada.

"Tiupan angin kencang tetap berpotensi terjadi, terutama pada waktu sore dan malam hari. Baik disaat hujan turun atau sebelum hujan turun," ujar Indra Purna, Kasi Observasi dan Informasi BMKG Kenten Palembang, Rabu (12/10/2016).

Indra mengatakan, potensi tiupan angin kencang, kecepatannya bisa melebihi batas normal dikarenakan terjadinya curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan terjadinya tiupan angin kencang. Terutama untuk daerah wilayah yang terbuka dan potensi terjadinya tiupan angin angin kencang lebih meningkat.

"Biasanya kalau normal, disaat hujan turun kecepatan angin berkisar 10 sampai 15 knot. Namun saat musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, potensi tiupan angin kencang bisa diprediksi kecepatannya mencapai 20 knot," ujarnya.

Berdasarkan pantauan BMKG kemarin, hujan deras turun merata di wilayah Sumsel yang disertai tiupan angin kenvang. Seperti di wilayah Kabupaten Muba, Muara Enim, PALI, Prabumulih dan Kabupaten OI. "Jadi sepanjang bulan Oktober ini curah hujan terus meningkat, sehingga kepada masyarakat dihimbau untuk waspada," ujarnya. (editor : candra okta della)

Penulis: Welly Hadinata
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help