LKPI: Siapa pun Pasangan Dodi Diprediksi Tetap Unggul

Berbagai simulasi pasangan tergambar jika Dodi berpasangan dengan Beni Harnedi (petahana) maka keterpilihannya pasangan ini mencapai 75 persen

LKPI: Siapa pun Pasangan Dodi Diprediksi Tetap Unggul
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Dodi Reza Alex 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) menggambarkan siapapun pasangan H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, diprediksi tetap akan unggul di Pilkada Musi Banyuasin. Berbagai simulasi pasangan tergambar jika Dodi berpasangan dengan Beni Harnedi (petahana) maka keterpilihannya pasangan ini mencapai 75 persen. Jika berpasangan dengan Kadinsos Sumsel H Apriyadi Mahmud maka keterpilihannya 67 persen. Sementara jika berpasangan dengan Afandi Uji, pengusaha asal Muba keterpilihannya 64 persen.

Dalam Survei LKPI juga tergambar dimana rakyat Musi Banyuasin menginginkan Calon Wakil Bupati untuk Dodi Reza Alex berasal dari birokrat yang mencapai 24 persen sementara calon wakil dari politisi 14 persen dan selanjutnya ketua parpol dan pengusaha. Tingginya tingkat keterpilihan Dodi Reza Alex putra sulung Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH dan Hj Eliza ini juga karena faktor kesuksesan Alex Noerdin dalam memimpin Muba sebelum menjadi Gubernur Sumsel. Tergambar bahwa tingkat kepuasan Alex Noerdin di Muba mencapai 86 persen.

“Ini artinya berdasarkan pengalaman 40 persen suara dodi efek dari kesuksesan ayahandanya Alex Noerdin di Musi Banyuasin,” ungkap Direktur Eksekutif LKPI (Lembaga Kajian Publik Independen) SumselBabelBengkulu Ariyanto ST MSi MT.

Arianto menyebut sulit membendung keterpilihan Dodi di Pilkada Musi Banyuasin 2017 dengan menyisakan waktu sekitar 5 bulan sementara rentang selisih antar bakal calon sangat tinggi. “Hanya keadaan luar biasa yang mungkin bisa membendung Dodi menjadi Bupati Musi Banyuasin akan datang. Hingga survei dilaksanakan, sudah ada pasangan calon yang lulus verifikasi dari calon independen, yakni Amiri Arifin-Ahmad Toha. Namun secara definitif, Beni Hernedi (plt Bupati Muba) belum secara definitif diajukan oleh partai–partai politik, termasuk

PDI-P yang merupakan partai digadang-gadangkan untuk mendukungnya maju sebagai calon Bupati Muba 2017. Meskipun sejumlah nama-nama calon sudah mengemuka, dari temuan survei, Dodi Reza Alex masih belum mendapatkan lawan seimbang,” kata Arianto.

Menurut Ariyanto selisih elektabilitas Dodi dengan saingan terdekatnya masih jauh, di atas 40 persen. Dalam simulasi terbuka (top of mind), secara spontanitas, mayoritas pemilih sudah secara terang-terangan menyebutkan nama Dodi Reza Alex yang dipilih sebagai Bupati Muba. Dodi Reza Alex mendapatkan elektabilitas terbanyak (48 persen), Beni Hernedi (7 persen), sementara yang lainnya, Ahmad Yani (1 persen), Uzer Effendi (1 persen), massa mengambang (43 persen).

Dalam simulasi semi terbuka (responden diberi lima belas nama calon untuk dipilih, dan boleh memilih nama lain diluar daftar), Dodi Reza Alex tetap paling tinggi. Elektabilitas Presiden Sriwijaya FC ini mencapai 68 persen, sementara Beni Hernedi 16 persen dan calon lainnya masih berada jauh , di bawah 4 persen, sedangkan massa mengambang (underside votters) hanya 10 persen.

Selain itu dibanding survei bulan Juni 2016 sebelumnya, kenaikkan elektabilitas Bapak dua anak‎ ‎Aletta Khayarra Alex dan Atalie Mazzaya Alex (kembar) buah pernikahannya dengan mantan presenter Metro TV, ‎Hj Thia Yufada ini cukup konsisten. Survei ini menemukan bahwa kenaikkan elektabilitas Dodi Reza Alex ini terkait dengan membaiknya persepsi pemilih di Muba terhadap harapan ke Dodi Reza Alex untuk membawa perubahan lebih baik.

“Tingginya elektabilitas Dodi Reza Alex ini juga tidak terlepas dari penilaian warga yang menyatakan optimis bahwa Dodi Reza Alex dapat menyelesaikan tiga masalah di Muba yakni infrastruktur, air bersih dan listrik selama dua tahun setelah menjabat Bupati Muba. Mayoritas warga menyatakan yakin (76 persen) bahwa Dodi Reza Alex dapat menuntaskan tiga masalah tersebut di Muba dalam waktu dua tahun.

Di samping itu, faktor magnet Dodi Reza Alex yang tinggi adalah tingkat kepuasaan dari Alex Noerdin selama memimpin provinsi Sumatera Selatan. Masyarakat Kabupaten Muba yang menyatakan puas dengan kepemimpinan Alex Noerdin selama menjabat Gubernur Sumatera Selatan sebesar 86 persen,” katanya.

Editor: Welly Hadinata

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved