SriwijayaPost/

Pansel Administrasi Cakades di OI Terindikasi Curang

anggota DPRD OI dari Fraksi PAN Azmi A Hadi, menganggap adanya indikasi kecurangan.

Pansel Administrasi Cakades di OI Terindikasi Curang
sripoku.com/beri_supriyadi
Anggota DPRD Ogan Ilir Fraksi PAN Azmi A Hadi

SRIPOKU.COM, INDERALAYA - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ogan Ilir (OI), dijadwalkan berlangsung pada pertengahan Oktober mendatang. Berdasarkan tahapannya, saat ini para peserta sedang menjalani proses seleksi administrasi. Ternyata, pada pelaksanaan proses seleksi adminitrasi bakal Calon Kepala Desa (Cakades), beberapa waktu lalu yang dilaksanakan serentak, anggota DPRD OI dari Fraksi PAN Azmi A Hadi, menganggap adanya indikasi kecurangan.

Khususnya kecurangan pada pemeriksaan administrasi ijazah kepemilikkan Cakades, Azmi mengatakan, panitia pelaksana diduga telah meloloskan salah satu peserta yang hanya memiliki ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Padahal, berdasarkan aturan persyaratan pendidikan tertinggi Cakades harus berijazah minimal Sekolah Menegah Atas (SMA). Sedangkan, Cakades yang memiliki ijazah SMA, ada yang dinyatakan gagal tanpa sebab yang jelas salah satunya yakni Cakades di Desa Miji Kecamatan Kandis dan Desa Pemulutan Ilir.

"Kami menilai, panitia pelaksana tidak transparan dalam melakukan proses seleksi. Karena, kami melihat adanya dugaan indikasi kecurangan terhadap pelaksanaan Pilkades serentak 2016 di Kabupaten Ogan Ilir, khususnya yang terjadi di Desa Miji Kandis dan Desa Pemulutan Ilir beberapa waktu lalu. Dimana, panitia diduga telah meloloskan Cakades berijazah SMP," ujar Azmi.

Menanggapi pernyataan tersebut, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Daerah (Pemda) OI H Wilson SH membantah hal tersebut. Menurutnya, tahapan proses pelaksanaan Pilkades serentak di-241 Desa Kabupaten OI sudah sesuai dengan prosedur dan aturan perundang-undangan. "Tidak ada itu, tidak ada. Tapi untuk lebih jelasnya, silahkan konfirmasi langsung kepada Sekretaris BPMD OI, Eddy Demang, dialah selaku tim seleksi yang bertanggung jawab terhadap seluruh berkas persyaratan Balon Kades," ujar Wilson. (Editor: Welly Hadinata)

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help