5 Trik Mudah Panjang Umur

Bisakah kita menjadi panjang umur hanya dengan mempraktikkan lima langkah yang sederhana? Profesor Harvard Medical School, Sanjiv Chopra, MD, mengatak

5 Trik Mudah Panjang Umur
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Bisakah kita menjadi panjang umur hanya dengan mempraktikkan lima langkah yang sederhana? Profesor Harvard Medical School, Sanjiv Chopra, MD, mengatakan bisa.

Berita Lainnya: Rahasia, Panjang Umur dari Berbagai Negara

Dalam buku barunya, The Big Five, Dr. Chopra, memaparkan lima langkah yang jika dijadikan rutinitas sehari-hari akan dapat memperpanjang umur kita selama beberapa tahun. Inilah lima trik tersebut.

1. Minum kopi

"Kopi adalah keajaiban," kata Dr. Chopra. Masih menurut Dr. Chopra, ada ribuan studi mengenai manfaat kopi untuk kesehatan. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa peminum kopi memiliki risiko diabetes tipe-2, Parkinson dan kanker hati, lebih kecil dibanding bukan peminum kopi.

Namun, studi ini tidak membuktikan bahwa kopi adalah alasan utama pengurangan risiko tersebut. Para peneliti yakin bahwa gaya hidup para peminum kopilah yang menjadi penyebabnya.

Studi 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine yang menganalisis data sekitar 400,000 orang selama lebih dari 14 tahun, menemukan bahwa wanita yang minum kopi dua sampai enam cangkir sehari, memiliki tingkat kematian 15 persen lebih rendah dari bukan peminum.

2. Olahraga

Kita semua tahu manfaat dari beraktivitas fisik, dan kita semua memiliki pilihan untuk melakukannya atau tidak," jelas Dr. Chopra mengutip penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine.

Penelitian itu mengungkapkan 150 menit jalan cepat setiap minggu dikaitkan dengan perpanjangan harapan hidup selama 3,5-4,5 tahun.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved