5690 Peserta USM Unsri Rebut 2000 Kursi

Semua peserta yang sudah mendaftar sampai batas waktu, 16 Juli lalu akan mengikuti tes di enam lokasi berbeda.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Peserta tes ujian saringan masuk (USM) mandiri Universitas Sriwijaya akan tetap bersaing ketat untuk lulus di jurusan yang diinginkan. Pasalnya sampai saat ini, peserta yang mendaftar tercatat sekitar 5690, sedangkan yang diterima hanya sekitar 2000 orang.

Semua peserta yang sudah mendaftar sampai batas waktu, 16 Juli lalu akan mengikuti tes di enam lokasi berbeda.

Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Unsri, Prof  Zulkifli Dahlan, Sabtu (16/7) mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk pelaksanaan tes USM ini, pihaknya hanya menyiapkan ruangan ujian, ada 286 ruang ujian yang digunakan dengan jumlah peserta 20 orang per ruangan.

"Untuk lokasi ujian kami menggunakan ruangan yang ada di Kampus Unsri Bukit Besar, SMAN 1 Palembang, SMPN 17 Palembang, Kampus Pasca Sarjana Unsri, FKIP Lorong Ogan dan SMA Islam Azzahra. Dalam penjaringan mahasiswa baru melalui jalur USM tetap akan ada seleksi ketat, yang diterima hanya sekitar 2000, artinya yang akan tersisih ada sekitar 3000an orang pendaftar," ujarnya

Zulkifli mengatakan, fakultas dan jurusan yang paling diminati diantaranya adalah ilmu hukum, pendidikan dokter, manajemen, akuntansi dan pendidikan dokter gigi.

"Mekanisme penerimaan mahasiswa baru jalur USM ditentukan oleh perguruan tinggi bersangkutan. Meski begitu, kuota pada jalur ini tetap ditentukan oleh pemerintah sebesar 30 persen dari kursi yang tersedia. Penerimaan mahasiswa baru (maba) jalur USM ini tanpa ada kuota untuk beasiswa bidik misi," ujarnya.

Dia menjelaskan, pendaftaran maba jalur USM sudah dibuka sejak 1 Juni hingga 16 Juli lalu. Pada pukul 13.30 WIB kemarin, tercatat calon mahasiswa yang mendaftar sebanyak 5.690 kategori SMA ke Strata 1. Rinciannya pilihan Saintek ada 2.568 orang, Soshum 1.922 orang dan pilihan campuran sebanyak 501 orang.

Sementara calon mahasiswa kategori alih program atau Diploma III (D-III) melanjutkan ke Strata 1 sebanyak 240 orang. Khusus alih program tersebut hanya dibuka untuk Fakultas Ilmu Komputer dan Ekonomi.

"Jadi total keseluruhan peserta sebanyak 5.694 orang, sementara kuota yang kita sediakan sekitar 2.000 kursi. Kemungkinan kursi tersebut bertambah jika ada peserta SBMPTN mengundurkan diri karena bisa dialihkan ke USM," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, peserta yang sudah mendaftar dan membeli pin di BRI dan BNI akan mengikuti ujian akademik yang digelar pada 19 Juli (SMA-S1) dan 25 Juli (DIII-S1). Selanjutnya akan diumumkan pada 21 Juli (SMA-S1) dan 26 Juli (DIII-S1).

"Seluruh peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi pada 26-27 Juli nanti," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved