Jangan Habiskan THR Anda, Saatnya Beli Rumah

Apakah Anda, karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS) sudah menerima uang tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-13?

Jangan Habiskan THR Anda, Saatnya Beli Rumah
shutterstock.com
Rumah Idaman. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Apakah Anda, karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS) sudah menerima uang tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-13?

Berita Lainnya: Orang Indonesia, Lebih Suka Beli Rumah Kredit

Jika ya, jangan dihabiskan. Ada baiknya Anda menyisihkannya untuk dialokasikan membeli rumah.

Pasalnya, harga rumah di beberapa wilayah saat ini mengalami stagnasi. Bahkan, ada rumah yang ditawarkan dengan harga lebih rendah ketimbang peluncuran perdananya.

Mari kita hitung, katakanlah uang THR Anda yang kebetulan PNS sebesar Rp 8 juta dan sebesar Rp 4,8 juta atau 60 persen dari gaji pokok Rp 8 juta untuk karyawan swasta.

Dengan dana sebesar itu, Anda sudah bisa membayar uang tanda jadi Rp 2,5 juta untuk rumah seharga Rp 156 juta ukuran 22/60 di Citra Indah, Jonggol, Jawa Barat.

Rumah tersebut bisa "dimiliki" selama 15 hari ke depan sebelum Anda membayar uang muka atau down payment (DP) 5 persen atau 10 persen dari harga rumah.

Dikurangi uang tanda jadi, maka Anda diharuskan membayar DP hanya Rp 5,3 juta untuk opsi 5 persen, dan Rp 13,1 juta untuk opsi 10 persen.

Sebagai catatan, skema pembayaran itu berlaku bagi Anda yang memilih menggunakan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR).

Anda bisa juga melirik perumahan Alam Bayti 2 di Depok. perumahan ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 270 juta untuk tipe 32/72. DP plus uang tanda jadi tak sampai Rp 20 juta.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help