SriwijayaPost/

ADVERTORIAL

Perusahaan Sawit Siaga Kebakaran, Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun

Kita tidak ingin bencana asap yang terjadi 2015 lalu kembali berulang

Perusahaan Sawit Siaga Kebakaran, Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Pasukan Manggala Agni melakukan simulasi memadamkan api di apel siaga pengendalian kebakaran lahan di PTPN Distrik Sumsel Jalan Kolonel H Burlian Palembang, Selasa (24/5/2016). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Menjelang musim kemarau yang diprediksi berlangsung bulan Juni - Oktober mendatang, Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel bekerjasama dengan Gabungan Perusahaan Sawit Indonesia (Gapki) Sumsel menggelar Apel Siaga pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun di Lapangan PTPN VII, Palembang, Selasa (24/05/2016).

"Ini merupakan bentuk antisipasi dini kita bersama dengan Gapki untuk menghadapi musim kemarau, terutama kerawanan kebakaran hutan dan lahan," ungkap Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perkebunan Sumsel, Anung dijumpai Tribun di sela sela kegiatan tersebut.

Ia menyampaikan sebelumnya pihaknya telah menggelar kegiatan Traning fot Trainer (TOT) untuk mempersiapkan kader militan yang akan menjadi Baris terdepan penanggulangan bencana kebakaran dengan menggandeng instansi terkait mulai dari anggota TNI dan Polri.

Para utusan perusahaan yang telah mengikuti pelatihan memiliki beragam keterampilan mulai dari fisik, mental, dan keahlian dalam memadamkan api.

Di samping itu pula dilakukan pengenalan sejumlah sarana dan prasarana yang membantu memadamkan api.

"Mereka yang kita latih selanjutnya diminta membangun regu di perusahaan masing masing, satu regu beranggotakan 15 orang, dan banyaknya regu disesuaikan dengan luasan kawasan perusahaan masing masing," tegasnya.

Ia menyampaikan regu yang berasal dari pekerja perusahaan tersebut selanjutnya bertugas memadamkan kebakaran lahan dan kebun perusahaan.

Di samping itu juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya pembakaran hutan.

Pihaknya menyakini kehadiran regu pemadam di perusahaan akan dapat menekan luasan kebakaran yang terjadi.

Apalagi mereka telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai oleh masing masing perusahaan mereka.

Halaman
12
Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help