Sumsel Raih Empat Penghargaan Evaluasi 'Pilot Project' Rumah Pintar Pemilu

KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) untuk kategori terpintar dalam manajemen pengelolaan rumah pintar

Sumsel Raih Empat Penghargaan Evaluasi 'Pilot Project' Rumah Pintar Pemilu
ISTIMEWA
Anggota KPU Sumsel Ahmad Naafi SH MKn (dua dari kiri) berfoto bersama usai pemberian penghargaan pilot project rumah pintar di Hotel Prama Sanur Bali, Jumat (20/5/2016). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) di jajaran Provinsi Sumatera Selatan menyabet empat penghargaan dalam evaluasi pilot project rumah pintar yang penghargaannya diserahkan langsung oleh KPU RI dalam rakor evaluasi pilot project rumah pintar pemilu di sanur Bali, Jumat (20/5/2016).

Empat penghargaan tersebut masing-masing di raih oleh KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk kategori terpintar khusus dalam membangun rumah pintar pemilu.

KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) untuk kategori terpintar dalam manajemen pengelolaan rumah pintar dan KPU Kabupaten Ogan Ilir yang meraih penghargaan untuk dua kategori terpintar dalam publikasi aktivitas dan terpintar dalam merespon aktivitas rumah pintar.

Evaluasi dilakukan terhadap 9 Provinsi yang menjadi pilot project rumah pintar 2015 yaitu KPU Provinsi Sumatera Utara, KPU Provinsi Sumatera Selatan, KPU Provinsi Lampung, KPU Provinsi DIY, KPU Provinsi Bali, KPU Provinsi Kalbar, KPU Provinsi NTB, KPU Provinsi Gorontalo dan KPU Provinsi Papua Barat.

Selain itu dilakukan evaluasi untuk 18 KPU Kabupaten yang menjadi pilot project yaitu KPU Kota Medan, KPU Kabupaten Labuhan Batu, KPU Kabupaten OKU Timur, KPU Kabupaten Ogan Ilir, KPU Kota Bandar Lampung, KPU Kabupaten Lampung Tengah, KPU Kabupaten Sleman, KPU Kabupaten Gunung Kidul, KPU Kabupaten Tabanan, KPU Kabupaten Karang Asem.

KPU Kabupaten Ketapang, KPU Kabupaten Melawi, KPU Kabupaten Bima, KPU Kabupaten Dompu, KPU Kabupaten Bone Bolango, KPU Kabupaten Pahuwato, KPU Kabupaten Raja Ampat dan KPU Kabupaten Sorong Selatan.

Komisioner KPU RI Sigit Pamungkas mengatakan yang menjadi bahan evaluasi terpilihnya KPU yang mendapat predikat terpintar yaitu menyangkut kemampuanya dalam membangun rumah pintar yang disertai kemampuan dalam menyiapkan ruangan dan sarana, aktivitas, kelompok sasaran, inovasi, publikasi dan manajemen pengelolaan.

Dijelaskannya penilaian penting menyangkut ruangan dan sarana adalah semakin lengkap sarana dan tersedianya keseluruhan ruangan maka nilainya semakin baik.

Penilaian akan menyisir kepada semakin banyak frekuensi kegiatan dalam satu tahun anggaran maka nilainya semakin baik begitu pula dengan semakin banyaknya jumlah audien dalam satu tahun anggaran nilainya semakin baik.

Selain itu penilaian yang menyangkut inovasi dalam tingkat kreativitas KPU dalam mencari sumber dana atau mengatasi keterbatasan dana yang sumber dananya bisa melalui CSR, swadaya (pembiayaan sendiri) , APBD dan APBN menjadi penilaian khusus.

Ahmad Naafi Komisioner KPU Provinsi Sumsel yang membidangi pendidikan pemilih dalam membangun rumah pintar pemilu yang hadir dalam acara evaluasi kemarin menyatakan apresiasi dan penghargaan terhadap segenap manajemen Rumah Pintar Pemilu Sriwijaya yang telah bekerja maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.

Naafi mengatakan penghargaan terhadap KPU Provinsi Sumsel dan KPU Kabupaten Ogan Ilir dan KPU Kabupaten OKU Timur akan memacu semangat untuk lebih baik lagi dalam menjalankan manajemen pengelolaan dan aktivitas rumah pintar pemilu di jajaran Provinsi Sumatera Selatan.

Di samping itu Naafi akan melakukan evaluasi maksimal terhadap aktivitas yang dilakukan karena dinilainya secara administrasi laporan dan aktivitas masih sering ditemui kendala karena penilaian dilakukan melalui instrument kuisioner yang membutuhkan dokumentasi yang baik dengan menekankan aspek di beberapa variable penilaian.

“Kita apresiasi penghargaan ini. Penilaian berdasarkan variable kuis sehingga harus lengkap dengan dokumentasi yang baik inilah yang menjadi evaluasi kita mendatang disamping kinerja tim yang harus totalitas mendukung bukan berdasarkan keinginan sesaat ,” kata Naafi.

Model Rumah Pintar Pemilu Sriwijaya yang memperoleh penghargaan khusus ini akan dikembangkan di 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat melalui KPU Kabupaten/Kota.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved