Hari Kartini

Ingat, Kesuksesan Wanita Tak Luput dari Pria di Sekitarnya

Kesuksesan wanita tak luput dari jasa para pria di sekitarnya. Ingatlah kembali sejarah ketika Raden Ajeng Kartini daalam memperjuangkan emansipasi wa

Ingat, Kesuksesan Wanita Tak Luput dari Pria di Sekitarnya
kabar24.bisnis.com
Sastia Putri. 

SRIPOKU.COM - Kesuksesan wanita tak luput dari jasa para pria di sekitarnya. Ingatlah kembali sejarah ketika Raden Ajeng Kartini daalam memperjuangkan emansipasi wanita, dia mendapatkan dukungan penuh dari sang ayah dan juga suami.

Berita Lainnya: Tantangan Menekan Angka Kematian bagi Ibu

Jika tidak, Kartini mungkin sama seperti wanita lainnya yang dikekang dan tak boleh mengecap pendidikan.

Serupa dengan Kartini, seorang ilmuwan wanita berprestasi, Sastia Putri, seorang ilmuwan wanita yang mendapatkan penghargaan L'Oreal-UNESCO For Women in Science, mengaku bahwa dirinya bisa mewujudkan mimpi di dunia sains berkat dukungan ayah dan suaminya.

Sastia, kepada Kompas.com mengatakan, jika ayahnya adalah alasan terkuat dia memilih menekuni karier menjadi peneliti Biologi.

"Beliau yang pertama melihat bakat saya di bidang sains dan terus mendampingi saya untuk mengenali bakat saya. Beliau pun memberikan banyak buku sains menarik sejak saya kecil. Bapak tidak pernah bosan untuk mendengarkan celotehan saya dan menjawab pertanyaan saya yang banyak sekali sejak kecil tentang berbagai fenomena alam," ungkap Sastia yang sekarang bekerja sebagai asisten profesor di Osaka University dan profesor di Institut Teknologi Bandung.

Sementara itu, suami Sastia yang juga seorang peneliti dan rekan kerjanya, memberikan dukungan yang luar biasa agar dia dapat berkarier sebagai peneliti dan dosen.

Sastia bercerita, tak jarang suaminya menjaga buah hati di rumah saat dirinya harus pergi keluar negeri untuk memberikan kuliah atau menghadiri pertemuan ilmiah.

Sastia Putri dan keluarga, saat menikmati liburan bersama di luar negeri.

"Suami dan saya berganti-gantian serta bahu membahu mengerjakan pekerjaan rumah. Suami saya yang pintar memasak tidak pernah menganggap pekerjaan rumah itu hanya tugas wanita dan dengan senang hati mengerjakannya bersama-sama," ujarnya.

Hebatnya, Sastia dan suami tak mempekerjakan asisten rumah tangga. Berkat hal itu pula anak Sastia yang sekarang berusia lima tahun sudah dapat mandiri dengan membantu ibunya mencuci piring, mencuci pakaian, dan memasak nasi.

"Tanpa restu penuh dari orangtua, suami dan anak saya, saya tidak mungkin bisa menjalani semua ini sendiri," ungkap sastia yang juga seorang Member of the Board od Directors, Metabolimics Society.

Penulis : Silvita Agmasari

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved