Ada Perpustakaan Mini di Mal, Loh

Di perpustakaan mini atau disebut Pojok Baca ini, ada beragam koleksi judul buku yang tersedia

Ada Perpustakaan Mini di Mal, Loh
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Tampak dua orang pengunjung yang tengah membaca di perpustakaan mini atau Pojok Baca yang berlokasi di OPI Mall Jakabaring 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu libur panjang anda. Bisa berwisata alam, ke wahana bermain, atau wisata belanja di mal.

Nah jika pilihan akhir pekan kali ini, anda sudah merencanakan untuk jalan-jalan di mal, tak ada salahnya untuk singgah ke sebuah perpustakaan mini yang ada di lantai 3 OPI Mall Jakabaring Palembang.

Di perpustakaan mini atau disebut Pojok Baca ini, ada beragam koleksi judul buku yang tersedia, mulai dari buku pengetahuan umum hingga buku bacaan untuk anak-anak. Pojok baca ini merupakan yang pertama hadir di Palembang khususnya berlokasi di Mal.

"Jadi saat berkunjung ke Mal, masyarakat tak hanya berbelanja tapi juga bisa membaca buku-buku yang ada di pojok baca atau perpustakaan mini," Promotion and Communication OPI Mall Palembang, Intan Indirayana, Jumat (25/3/2016).

Pojok Baca ini dikatakan Intan hasil kerjasama dengan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Tujuannya adalah menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya para pengunjung mal.

"Layanan Pojok Baca ini didesain untuk mewarnai ruang publik dengan aktivitas membaca, tentu dengan tujuan membudayakan kegemaran membaca dengan menyediakan sarana perpustakaan yang terjangkau dan bermutu di tempat umum," ungkapnya.

Intan menambahkan, dengan adanya pojok baca ini diharapkan dapat menghilangkan rasa jenuh pengunjung ketika tengah menunggu. Selain itu, bahan pustaka yang disediakan pun ringan, rekreatif dan menghibur, serta dapat menjadi sumber inspirasi.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan Pojok Baca hanya diperkenankan membaca buku di tempat, tidak untuk dibawa pulang. Pelayanan pojok baca bersifat gratis alias tidak dipungut biaya. Pojok Baca ini buka sesuai dengan jam oprasional mal.

Inne Kharisma, warga yang tinggal di kawasan Tegal Binangun ini mengatakan, hadirnya perpustakaan mini di mal menurutnya adalah hal yang sangat bagus. "Sambil nge mall bisa nambah wawasan juga. Tempatnya pun nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel, Kabul Aman mengatakan, Pojok Baca ini akan dilengkapi dengan buku yang setiap bulan akan diganti. Buku-buku yang disediakan meliputi berbagai subjek seperti kesehatan, pengetahuan umum populer, buku-buku praktis, keagamaan serta fiksi dan lain-lain.

"Kami ingin mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara membuka Pojok Baca di tempat umum. Karena ini baru yang pertama maka akan kita evaluasi terus dan kedepannya akan kita buka di mal-mal yang lainnya," ujarnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved