Home »

Video

NEWS VIDEO SRIPO

Umat Hindu Melaksanakan Melasti di TPKS Gandus Palembang

Digelarnya upacara melasti, selain sebagai rangkaian menyambut Hara Raya Nyepi, juga bertujuan untuk mensucikan diri pribadi.

Umat Hindu Melaksanakan Melasti di TPKS Gandus Palembang
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Umat Hindu yang melintasi jembatan dalam rangka melaksanakan prosesi upacara melasti menyambut Harai Raya Nyepi di TPKS Kecamatan Gandus Palembang, Minggu (6/3/2016). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Ratusan umat Hindu menggelar upacara melasti di area Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus Palembang, Minggu (6/3/2016).

Diiringi musik gamelan dan dipimpin langsung oleh Ida Pedande (pendeta) Putra Singarsa dengan membawa sesajian yang telah dipersiapkan para umat hindu nampak khusuk menjalankan ibadah.

Pada upacara melasti tersebut para umat hindu duduk dengan posisi menghadap ke kanal yang mengeleilingi TPKS yang bermuara dari aliran anak Sungai Musi. Ratusan warga silih berganti dipercikan air yang bertanda sebagai air kehidupan.

Ketua Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumsel drh I Wayan Telabah mengatakan, tujuan digelarnya upacara melasti, selain sebagai rangkaian menyambut Hara Raya Nyepi, namun juga bertujuan untuk mensucikan diri pribad dan selama semesta.

Upacara melasti dilaksanakan di tempat sumber air yang aliran muaranya ke laut atau samudera. Dikarenakan laut adalah simbol yang menjadi sumber kehidupan.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help