130 Aparatur Negara Pemkab Muaraenim Dimutasi

Sebanyak 130 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Muaraenim, dimutasi Kamis (28/1/2016).

130 Aparatur Negara Pemkab Muaraenim Dimutasi
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Bupati Muaraenim Muzakir, melantik sebanyak 130 PNS dilingkungan Pemkab Muaraenim di BASS Muaraenim, Kamis (28/1). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Sebanyak 130 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Muaraenim, di mutasi. Empat orang diantaranya menduduki jabatan esselon II, di BASS Muaraenim, Kamis (28/1/2016).

Adapun empat orang pejabat pimpinan tinggi pratama yaitu Drs Andy Wijaya MM sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Drs Emran Tabrani MSi sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Panca Surya Diharta SH sebagai staf ahli Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan, Drs Azmirin Zubaidi sebagai staf ahli pembangunan Kabupaten Muaraenim.

Kemudian juga melantik Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas, yang diantaranya 12 orang Camat.

"Kalau dulu dikenal dengan sebutan pejabat struktural eselon II, III dan IV, namun aturan baru disebut pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas," ujar Bupati Muaraenim Muzakir.

Menurut Muzakir bahwa kegiatan mutasi dan promosi merupakan bagian dari proses dan dinamika pemerintahan dalam rangka penyegaran dan pemenuhan kebutuhan birokrasi. Mutasi dan promosi akan menjadi kebutuhan selama organisasi menghendakinya dan menjadi hal yang wajar dan harus dilakukan agar roda pemerintahan berjalan dengan baik.

Mutasi dan serah terima jabatan merupakan proses alami yang akan dialami oleh semua pengawai negeri sipil atau Aparatur Sipil Negara.

Rotasi jabatan yang terjadi, kata Muzakir, membuktikan bahwa organisasi pemerintah tersebut bergerak dinamis dalam merespon dinamika yang berkembang.

Disamping itu dengan rotasi jabatan dan promosi jabatan akan dapat menambah pengalaman dan pengembangan karier seorang PNS, serta wujud dari reward dan funishment dari pelaksanaan tugas dan kepercayaan yang telah dipercayakan oleh pimpinan kepada seorang PNS.

Khusus untuk pengisian pejabat tinggi pratama esselon II, sebelumnya karena pensiun atau dimutasi ke SKPD lain.

Dan ini hasil seleksi secara terbuka dikalangan PNS, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 13 tahun 2014 Tentang Tatacara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka.

Sebab pihaknya tidak ingin ada pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik harus terpaksa dibatalkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara karena proses pengangkatannya tidak sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Ditambahkan Kepala BKD Muaraenim Hj Herawati SH, bahwa total PNS yang dilantik sebanyak 130 orang, yang terdiri dari esselon II/b 4 orang, esselon III/a 24 orang, esselon III/b 20 orang, esselon IV/a 69 orang, esselon IV/b 13 orang. Sedangkan untuk jenis kelamin pria 93 orang dan wanita 37 orang.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help