Agen Harus Jual Gas Elpiji 3 Kg Rp 14.800

"Sedangkan untuk harga gas 3 kg masih normal jika di agen, sub agen atau SPBU yakni Rp 14.800," jelasnya.

Agen Harus Jual Gas Elpiji 3 Kg Rp 14.800
SRIPOKU.COM/RAHMALYAH
Dua orang pegawai pangkalan elpiji saat tengah membantu konsumen yang hendak melakukan pengisian ulang tabung elpiji ukuran 12 kg, Jumat (8/1) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Meski beberapa waktu lalu, PT Pertamina telah mengumumkan adanya penurunan harga elpiji ukuran 12 kg, namun pasca pengumuman penurunan harga tersebut, masih ada sejumlah pedagang yang belum menjual dengan harga baru yang sudah ditetapkan.

Mereka beralasan elpiji yang dijual ditokonya adalah elpiji dengan stok dan harga lama. Fauziah misalnya, pedagang elpiji ukuran 12 kg di kawasan 3-4 Ulu Palembang mengatakan belum memberlakukan harga elpiji yang baru.

"Harga elpiji 12 kg masih Rp 150 ribu, saya tahu kalau harganya turun dari agen, cuma karena masih harga dan stok elpiji lama jadi belum berubah harganya, kalau habis baru ada perubahan harga," jelasnya.

Selain Fauziah, hal yang sama juga dilakukan oleh Metti, penjual elpiji eceran di Jalan A Yani Palembang. "Masih harga lama, kalaupun nanti mau jual pakai harga baru paling turunnya Rp 5 ribu saja, jadi Rp 145 ribu" ujar wanita berambut pendek ini.

Berdasarkan pantauan Sripo, Jumat (8/1) di Agen gas elpiji PT Saribumi Sriguna Patra yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, harga elpiji ukuran 12 kg dijual dengan harga HET Pertamina yakni, Rp 127.100.

Tidak hanya elpiji ukuran 12 kg saja yang harganya turun, elpiji non subsidi lainnya yakni, bright gas dijual dengan harga Rp 131.000 dimana sebelumnya harganya adalah Rp Rp 136.500.

Sementara untuk harga elpiji tabung melon belum mengalami perubahan, dimana harga resmi di agen atau SPBU yakni Rp 14.800, sedangkan disejumlah pedagang eceran masih dibandrol dengan harga kisaran Rp 20-22 ribu.

Terpisah, saat dihubungi melalui telpon, Rico Raspati, Officer Communication & Relations Marketing and Operation Region (MOR) II Sumbagsel mengatakan, untuk harga resmi (HET) elpiji ukuran 12 kg ialah Rp 127.100.

"Kalau ada yang jual Rp 150 ribu kemungkinan mereka adalah pedagang eceran, dan bukan kewenangan kami untuk mengontrol harga jual di pedagang eceran. Harga elpiji Rp 127.100 adalah HET dari Pertamina, masyarakat dapat membeli elpiji dengan harga tersebut di Agen, Sub Agen atau di SPBU," ujarnya.

Rico juga mengatakan, terkait tidak adanya perubahan harga jual elpiji 3 kg dikarenakan elpiji melon merupakan elpiji bersubsidi.

"Penurunan harga hanya terjadi di nonsubsidi saja. Sedangkan untuk saat ini harga gas 3 kg masih normal jika di agen, sub agen atau SPBU yakni Rp 14.800," jelasnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved