SriwijayaPost/

Jokowi Ingin Jalan Darat Tembus Sampai Wamena

Jokowi berharap, tahun depan akses dari Nduga ke Wamena bisa selesai sehingga dirinya dapat mengunjungi Wamena melalui jalan darat,

Jokowi Ingin Jalan Darat Tembus Sampai Wamena
KOMPAS.COM
Presiden Jokowi saat tiba di kantor Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura, untuk memberikan tiga kartu kepada warga. 

SRIPOKU.COM-Presiden Joko Widodo berharap dirinya dapat sering mengunjungi Papua. Menurut Jokowi, masalah di Papua bisa segera dicarikan solusi saat dirinya melihat langsung kondisi di lapangan.

Setelah menjadi Presiden RI, Jokowi sudah dua kali mengunjungi Papua. Kunjungan pertamanya dilakukan pada Desember 2014, dan kunjungan kedua pada Desember tahun ini.

"Moga-moga tahun depan, Bulan Desember, saya hadir lagi di sini," kata Jokowi seperti dikutip dari pernyataan Tim Komunikasi Presiden, seusai meresmikan Bandara Wamena dan Bandara Kaimana, di Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (30/12/2015).

Di Wamena, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sempat menemui masyarakat kawasan Pegunungan Tengah Papua yang berkumpul di Stadion Mini Pendidikan.

Jokowi berharap, tahun depan akses dari Nduga ke Wamena bisa selesai sehingga dirinya dapat mengunjungi Wamena melalui jalan darat,

"Kira-kira sepanjang 170 kilometer tembus," ucap Jokowi.

Jokowi meminta TNI membantu Kementerian Pekerjaan Umum untuk menyelesaikan akses jalan dari Nduga ke Wamena.

Setelah berfungsinya akses jalan tersebut, Jokowi yakin harga kebutuhan pokok, material serta BBM di Wamena dan kawasan pegunungan tengah Papua menjadi jauh lebih murah.

"Medan sangat berat, tapi saya yakin kalau TNI sudah bekerjasama dengan Kementerian PU akan tembus," kata Jokowi.

Dari situ, Jokowi lalu melanjutkan kegiatannya di Wamena dengan meresmikan Gedung Otonom, Wenehule Huby. Gedung Otonom setinggi 7 lantai itu akan digunakan oleh 12 dinas, badan dan kantor.

"Kalau infrastruktur baik, jalan dan pelabuhan baik, ekonomi di Papua akan lebih cepat tumbuh, distribusi logistik lebih baik, arus barang dan penumpang akan lebih baik," ujar Jokowi.

Selama di Papua, Jokowi akan mengunjungi Merauke, Wamena, Sorong, dan Raja Ampat. Jokowi akan merayakan malam pergantian tahun di Raja Ampat dan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Sabtu (2/1/2016)

Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help