Kesbangpol Puji Partisipasi Pemilih tapi Bukan untuk Diekspose

Keabsahan itu tetap kewenangan KPU. Kita memantau. Jadi tidak benar statement di online seolah tegas disebut data Desk Pilkada ini yang akurat.

Kesbangpol Puji Partisipasi Pemilih tapi Bukan untuk Diekspose
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Wartawan menginput data penghitungan suara di Posko Desk Pilkada Provinsi, Kantor Badan Kesbangpol Sumsel, Jumat (11/12/2015). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Tingginya tingkat partisipasi pemilih di 7 Kabupaten penyelenggaraan Pilkada 9 Desember 2015 barusan mendapat apresiasi dari Badan Kesbangpol Sumsel.

"Secara garis besar tingkat partisipasi masyarakat Alhamdulilah tinggi. Ini juga tidak terlepas berkat sosialisasi KPU, Panwaslu dan media. Alhamdulillah di 7 Pilkada se-Sumsel ini sebesar 68,91 persen. Hampir menyamai target KPU sebesar 70 persen," ungkap Plt Kepala Badan Kesbangpol Sumsel, Herdi Apriansyah, Jumat (11/12/2015).

Herdi juga meminta untuk meluruskan bahwa data Desk Pilkada Provinsi yang leading sectornya Badan Kesbangpol sebetulnya tidak untuk dipublikasikan.

"Keabsahan itu tetap kewenangan KPU. Kita memantau. Jadi tidak benar statement di online seolah tegas disebut data Desk Pilkada ini yang akurat. Saya yakin pasti ada selisih. Kita tidak ingin nantinya bisa memicu lantaran data ini dijadikan patokan karena diekspose media. Sebetulnya ini data tidak untuk diekspose," katanya.

Dikatakan Herdi, dibentuknya Desk Pilkada ini garisnya dari Depdagri hingga ke daerah.

"Desk Pilkada. Keanggotaannya terdiri dari SKPD. Kita provinsi ini dari Polda, Kodam. Jaringan sampai ke daerah. Dalam menghimpun jelas. Informasi dari bawah cepat sampai ke kita. Dasar Desk Pilkada Kemendagri No 9 Tahun 2005. Perlu dibentuk desk pilkada di setiap daerah pemilihan. Menginventarisir data, memantau, membantu Pilkada. Penyelenggaraan Pilkada tetap KPU dan Bawaslu. Desk Pilkada kabupaten kita himpun di provinsi. Diteruskan ke Mendagri. Tetap finalnya menunggu hasil dari KPU karena penyelenggara Pilkada," jelasnya.

Desk Pilkada Kesbangpol Provinsi Sumsel telah merampungkan data perolehan suara di tujuh kabupaten.

Kabupaten Musirawas masih beda tipis perolehan suaranya antara kandidat peringkat satu dengan peringkat kedua.

Ratna Mahmud-Zabur Nawawi memperoleh 81.957 suara atau 44,18 persen. Sementara Paslon Hendra Gunawan-Suwarti unggul tipis dengan mengantongi 82.755 suara atau 44,61 persen.

Sedangkan Paslon lainnya Zulkarnain-Ratnawati dengan 20.786 suara atau 11,21 persen menempati peringkat ketiga.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved