'Bandit' yang menginspirasi film Goodfellas dibebaskan

Bandit legendaris Vincent Asaro, 80 tahun, dibebaskan dari tuduhan perampokan yang terjadi tahun 1978 yang menginspirasi film Goodfellas

SRIPOKU.COM - Bandit legendaris Vincent Asaro, 80 tahun, dibebaskan dari tuduhan perampokan yang terjadi tahun 1978 yang menginspirasi film Goodfellas.

Asaro dibebaskan dari tuduhan pembunuhan, pemerasan dan kejahatan lain sesudah menjalani sidang selama tiga pekan.

Penahanannya tahun lalu sempat membangkitkan harapan bahwa kejahatan di Amerika - yang sempat menjadi yang terbesar di masanya - itu akan terungkap.

Perampokan tersebut membuat kerugian US$5 juta dalam bentuk tunai dan US$1 juta dalam bentuk perhiasan, terjadi di gedung kargo Lufthansa di Bandara John F. Kennedy, tahun 1978.

Jaksa menuduh Asaro menunggu di mobil satu mil jaraknya, bersama penjahat lain Jimmy Burke, yang menginspirasi tokoh yang diperankan oleh Robert De Niro dalam film yang karya sutradara Martin Scorsese itu.
Goodfellas

Perampokan ini tetap misterius, hanya bisa diceritakan lewat kisah fiksi di film Goodfellas.

Jimmy Burke meninggal tahun 1996 ketika menjalani hukuman penjara 20 tahun karena pembunuhan dan peredaran obat terlarang.

Ia tidak pernah diadili untuk tuduhan perampokan di gedung kargo Lufthansa tersebut.

Kejaksaan menolak berkomentar mengenai putusan terhadap Asaro ini.

Mereka mengandalkan bukti dari keponakan Asaro, Gaspare Valenti tapi pengacara berusaha menghancurkan kredibilitas kesaksian, menyatakan ia seorang pembohong.

Setelah putusan itu, Asaro sendiri keluar dari gedung pengadilan sambil berteriak, "bebas!".

Sumber: BBC Indonesia

Editor: Budi Darmawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved