Seribu Anak Yatim Dapat Santunan Peringatan 10 Muharram

Anak-anak yatim yang menerima santunan tersebut, merupakan anak-anak yang berdomisili di ring satu Masjid Agung Palembang.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebanyak 1.000 anak yatim berkumpul di Masjid Agung Palembang, Kamis (22/10/2015). Anak-anak tersebut mendapatkan santunan berupa uang tunai Rp 300 ribu per orang. Kegiatan santunan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan 10 Muharram 1437 H

"Setiap tanggal 10 Muharram, pihak yayasan selalu menggelar kegiatan seperti ini. Selain itu, kegiatan santunan ini juga sebagai bentuk tanggung jawab pihak yayasan atas titipan masyarakat yang dikhususkan untuk anak yatim," jelas Sekertaris Yayasan Masjid Agung Palembang, Ahmad Sarnubi, Kamis (22/10/2015)

Sarnubi mengatakan, rencana pelaksanaan santunan ini dijadwalkan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, namun dikarenakan waktu yang singkat dan juga berbarengan dengan sholat jumat, maka pelaksanaan pembagian santunan tersebut digelar kemarin.

"jadwalnya dimajukan satu hari, tapi sebelumnya kami juga sudah menginformasikan dengan penerima santunan terkait waktu pelaksanaan," katanya.

Anak-anak yatim yang menerima santunan tersebut, merupakan anak-anak yang berdomisili di ring satu Masjid Agung Palembang.

"Sebelumnya pihak Yayasan Masjid Agung sudah memiliki 500 anak yatim binaan, yang mana setiap bulannya selalu ada pemberian santunan hasil dari infak dan sedekah warga, namun khusus di 10 Muharram ini ada penambahan jumlah anak yatim sebanyak 500 orang. Sehingga secara keseluruhan ada 1000 anak yatim yang mendapat santunan. Penambahan jumlah itu didasarkan dari data yang sudah dikoordinasikan ke pihak RT setempat," jelas Sarnubi.

Tanggal 10 Muharram selalu menjadi momen yang membahagiakan bagi anak yatim, dimana saudara-saudara kita ini mendapatkan perlakuan spesial dihari tersebut.

"Lebaran Yatim hanya sebuah penamaan hanya ada di Indonesia. Pada dasarnya orang yang menyantuni Yatim pada hari lain selain 10 Muharram pasti berpahala, hanya saja di 10 Muharram ini ada hal yang berbeda dari hari biasanya," ujar Sarnubi

Pemberian santunan ini tak hanya berupa uang tunai, namun pada kesempatan yang sama, ada pula masyarakat yang menitipkan bingkisan.

"Ada yang beri tas sekolah, buku, meja belajar. Kira-kira ada 50 bingkisan, jadi kedepannya bagi masyarakat yang ingin memberikan santunan pada anak yatim melalui yayasan bisa berupa bingkisan seperti itu," tuturnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved