Ayo! Unduh Buku Elektronik Sekolah (BSE) Lewat Server Mahoni

Sejak tahun ajaran baru tahun 2014/2015 berjalan awal Agustus kemarin, para siswa dan guru di seluruh Indonesia mulai mempersiapkan buku-buku

Ayo! Unduh Buku Elektronik Sekolah (BSE) Lewat Server Mahoni
bse.mahoni.com
Salah satu server yang menyediakan koleksi buku-buku pelajar ini adalah BSE.Mahoni.com, yaitu server yang dipersembahkan oleh Mahoni.com.

SRIPOKU.COM - Sejak tahun ajaran baru tahun 2014/2015 berjalan awal Agustus kemarin, para siswa dan guru di seluruh Indonesia mulai mempersiapkan buku-buku pelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang serba baru untuk sarana belajar mereka. Namun, ada sejumlah kendala, dimana banyak sekolah-sekolah yang terlambat menerima buku-buku baru berbasis Kurikulum 2013.

Karena jadwal belajar sudah harus berjalan, cara paling mudah untuk memperoleh buku-buku sekolah berbasis Kurikulum 2013 tersebut adalah dengan mengunduhnya lewat internet. Salah satu server yang menyediakan koleksi buku-buku pelajar ini adalah BSE.Mahoni.com, yaitu server yang dipersembahkan oleh Mahoni.com. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 1600 koleksi buku pelajaran sekolah gratis yang bisa diunduh oleh siapa saja.

Untuk melengkapi server ini, Mahoni.com sebagai salah satu mobile developer di Tanah Air juga menciptakan aplikasi mobile yang dinamakan “Buku BSE”. Aplikasi mobile ini sengaja dibuat untuk mempermudah pengguna mengunduh, mengoleksi, dan membaca buku-buku pelajaran dari server BSE.Mahoni.com.

Aplikasi “Buku BSE” ini sudah tersedia dalam 3 platform yang populer untuk tablet dan juga smartphone, seperti iOS, Android, dan Windows Phone. Dengan adanya inovasi baru ini, penggunaan perangkat mobile tidak lagi hanya dimanfaatkan untuk browsing, e-mail, sosial media, dan bermain game. Namun, perangkat tersebut dapat membantu proses belajar mengajar antara siswa dan guru.

Seperti disebutkan lewat rilis yang dikirim ke CHIP Online, selama bulan Agustus 2014, jumlah pengakses data dari server BSE.Mahoni.com terus mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, para pengunduh berasal dari seluruh daerah di Indonesia, yakni mulai dari Aceh hingga Papua.

Sampai akhir Agustus 2014, jumlah trafiknya mencapai lebih dari 6 TeraByte. Perharinya mencapai 200 GB dengan hits mencapai 1 juta/hari. Jika diasumsikan, satu buku memiliki kapasitas 5 MB, dalam sehari jumlah buku yang diunduh mencapai 40.000 buku. Dalam satu bulan, mencapai lebih dari 1,2 juta buku yang diunduh dari server BSE.Mahoni.com. Tentu saja, yang paling populer diunduh adalah Buku Kurikulum 2013.

Ginting Satyana, COO Mahoni.com menegaskan bahwa Mahoni.com turut bangga bisa membantu program pemerintah untuk ikut menyebarkan buku pelajaran sekolah gratis kepada 50 juta siswa dan 3 juta guru di seluruh Indonesia. Harapannya, kemajuan teknologi ini benar-benar bisa membantu jutaan siswa dan guru di Tanah Air.

"Hingga saat ini, ada lebih dari 1600 judul buku pelajaran sekolah (SD, SMP, SMA & SMK) yang dapat diunduh dengan cuma-cuma lewat BSE.Mahoni.com. Kami berharap, para siswa dan guru dapat memanfaatkan fasilitas ini sehingga kemampuan mereka bisa meningkat dan mengangkat Indonesia untuk bersaing dengan negara lain dalam era globalisasi," ujar Ginting.

Hal senada juga ditegaskan oleh Co-Founder Mahoni.com Santoso Suratso. Ia mengatakan bahwa kedepannya Mahoni.com akan menambah terus jumlah buku-buku pelajaran di server BSE.Mahoni.com. Begitu pemerintah meluncurkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang baru, secepatnya tim dari Mahoni.com memasukkannya ke server.

"Visi kami jelas, akan menjadikan Mahoni BSE ini perpustakaan e-buku, e-majalah dan e-dokumen online terbesar di Indonesia yang bisa diakses dan dibaca melalui perangkat digital oleh ratusan juta masyarakat Indonesia," ujar Santoso.

Editor : Nur Hasanah

Editor: Bedjo
Sumber: Chip
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved