KPU Sumsel Akan Klarifikasi Terhadap Pemecatan Caleg Terpilih

Aspahani menambahkan KPU sudah menetapkan sesuai dengan aturan berlaku terhadap caleg-caleg terpilih

KPU Sumsel Akan Klarifikasi Terhadap Pemecatan Caleg Terpilih
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Kuasa hukum Lima Caleg DPRD Sumsel asal PAN Dapil IX korban pencopotan, Dhabi K Gumayra SH MH dan Febuar Rahman SH diterima para komisioner KPU Provinsi Sumsel, Senin (25/8/2014). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Upaya hukum yang dilakukan Caleg PAN Sumsel terus berlanjut. Kuasa hukum Lima Caleg DPRD Sumsel asal PAN Dapil IX korban pencopotan, Dhabi K Gumayra SH MH dan Febuar Rahman SH mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel dan Biro Hukum Setda Pemprov Sumsel, Senin (25/8/2014).

Didampingi massa pendukung dan pengurus DPD PAN Banyuasin serta DPD BM PAN Sumsel, tim kuasa hukum menyerahkan Surat Pemberitahuan adanya upaya hukum atas perselisihan internal parpol Partai Amanat Nasional melalui surat No. 017/Srt-k/P/FAG-P/VIII/2014 tertanggal 22 Agustus 2014 telah disampaikan kepada KPU RI, Bawaslu RI, dan Departemen Dalam Negeri di Jakarta per tanggal 22 Agustus 2014, yang diterima langsung oleh Ketua KPU Sumsel Aspahani

Terkait pemecatan calon terpilih dari partai PAN, H Aspahani SE Ak MM CA mengatakan KPU akan klarifikasi terhadap permasalahan tersebut.

“Akan kami klarifikasi terhadap pihak terkait, proses tersebut harus ada upaya-upaya yang menguatkan terhadap pergantian caleg terpilih” ungkap Aspahani.

Aspahani menambahkan KPU sudah menetapkan sesuai dengan aturan berlaku terhadap caleg-caleg terpilih, namun mendekati hari pelantikan ada surat pemecatan terhadap caleg terpilih dari partai PAN.

"Namun prinsipnya KPU Sumsel menerima atas upaya-upaya hukum yang dilakukan partai politik, tentu ikuti aturan yang berlaku, kami akan koordinasi ke KPU RI," ujar Aspahani.

Ditambahkannya, jika benar caleg terpilih telah melanggar aturan-aturan yang sesuai dengan partai itu sendiri maka caleg tersebut akan diganti dengan caleg suara terbanyak berikutnya di dapil yang sama.

Disinggung jika pergantian caleg di luar dapil, Asphani mengatakan butuh pengkajian yang panjang.

“Tidak bisa dikaji secara normal karena pergantian di luar dapil,” ujar Aspahani.

Sementara itu kuasa hukum, Febuar Rahman SH berharap KPU Sumsel tidak memproses surat pemecatan dari DPP PAN dan melantik caleg terpilih sesuai keputusan KPU, setelah melayangkan surat keberatan dari caleg terpilih kepada KPU Sumsel dan Biro Hukum Setda Pemprov Sumsel.

“Kami telah mengambil upaya hukum, kami harap KPU tidak memproses pergantian caleg, karena mengikuti aturan jika yang bersangkutan keberatan untuk diganti maka pergantian tidak bisa dilakukan dan kami telah menyampaikan hal tersebut ke Mahkamah Partai," pungkasnya.

Tags
KPU Sumsel
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved