Pemkot Palembang Media Seniman Salurkan Kreasi

Selama ini, seniman Palembang belum menemukan tempat khusus untuk mereka mempertontonkan kebolehan seni yang mereka miliki.

Pemkot Palembang Media Seniman Salurkan Kreasi
SRIPOKU.COM/REFLY PERMANA
Suasana launching Pagelaran Budaya-Palembang di halaman Museum SMB 2 Palembang Rabu (13/8/2014). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Menjawab permintaan seniman Palembang, Dinas Kebudayaan dan Parawisita (Disbudpar) Palembang menyediakan media untuk seluruh seniman di Palembang menyalurkan kreasi mereka. Berlokasi di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang, seniman Palembang dari ragam jenis karyanya bebas mempertontonkan karya mereka.

Kepala Disbudpar Palembang, M Yanurpan Yany, melalui Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Disbudpar Palembang, Lisa Surya Andika, mengatakan ini wujud dari permintaan seniman yang ingin mempertontonkan karya mereka.

Selama ini, seniman Palembang belum menemukan tempat khusus untuk mereka mempertontonkan kebolehan seni yang mereka miliki.

"Meski bukan gedung, halaman terbuka di Museum SMB 2 Palembang ini kita nilai sudah cukup menjadi media seniman berkarya. Nantinya, mereka bebas menunjukkan kebolehan yang dimiliki setiap Malam Minggu," kata Lisa, sesaat sebelum launching Pagelaran Budaya Palembang-Indonesia Rabu (13/8/2014) malam.

Tak hanya menyediakan tempat, lanjut Lisa, Disbudpar Palembang juga siap membina semua seniman yang ada di Palembang. Caranya, mendaftar langsung ke Disbudpar Palembang tanpa harus mengeluarkan biaya. Disbudpar Palembang pun siap membina seniman yang sudah mendaftar.

Masih kata Lisa, bagi kelompok seni yang tampil di Pagelaran Budaya Palembang-Indonesia nanti, mereka akan dibuatkan jadwal manggung. Ini dilakukan supaya tidak terjadi kekacauan terkait jadwal manggung. Tentunya, untuk mendapatkan jadwal, kelompok seni harus mendaftar terlebih dahulu. Mereka nanti akan diberiundangan jika sudah tiba giliran tampil.

"Semoga ini bisa bertahan. Rencananya, kalau masih ada, kita akan sempurnakan di tahun depan," kata Lisa.

Tags
seniman
Penulis: Refli Permana
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help