Pemilu Legislatif

Roy Suryo: Ada Caleg Demokrat yang Telah Mencuri Perolahan Suara Saya

Ada salah satu caleg Demokrat yang telah mencuri perolahan suara saya. Saya berani menyebut nama karena saya punya bukti-buktinya

Roy Suryo: Ada Caleg Demokrat yang Telah Mencuri Perolahan Suara Saya
KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo 

SRIPOKU.COM, MAGELANG - Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo, mengaku didzolimi oleh rekan sesama calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Demokrat yang dianggap telah mencuri perolehan suaranya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu.

"Ada salah satu caleg Demokrat yang telah mencuri perolahan suara saya. Saya berani menyebut nama karena saya punya bukti-buktinya," kata Roy, seusai membuka acara PPMKI Jateng Tour 2014, di Alun-alun Kota Magelang, Sabtu (26/4/2014).

Tidak hanya suaranya, Roy juga mengatakan ada beberapa caleg sesama dari Partai Demokrat DPR RI Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diduga juga telah dimanipulasi oleh caleg tersebut.

Dia menyebutkan kecurangan yang diduga dilakukan caleg itu adalah dengan mengubah hasil rekapitulasi form C1.

Contohnya, kata Roy, suara yang ia peroleh 71 suara tetapi tiba-tiba jadi 1 suara. Begitu juga dengan caleg Demokrat lainnya yang juga mendadak berkurang. Sebaliknya, suara caleg dituduh Roy telah mencuri suaranya, mendadak melambung tinggi.

"Bagi saya tidak penting saya lolos ke DPR atau tidak. Kami hanya tidak rela DPR diisi oleh pencuri suara, penggelembung data, penganiaya orang lain bahkan diisi oleh pengkhianat," ucap pakar telematika itu.

Menurut Roy, caleg tersebut telah dilaporkan dan diproses ke pihak yang berwenang termasuk diproses di internal Partai Demokrat pusat.

Sebelumnya, Roy Suryo diprediksi gagal melenggang ke Senayan lantaran kalah suara dari rekan partai yang sebelumnya juga menggantikannya sebagai anggota dewan melalui pengganti antar waktu, Ambar Tjahyono. Selisih suara keduanya terpaut 10.000 suara dengan keunggulan Ambar Tjahyono.

Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved