SriwijayaPost/

Setrum Ikan di Sungai Musi Denda Rp 1 Miliar

"Perlu diketahui, berdasarkan undang-undang perikanan, siapa yang ketahuan menyetrum ikan di sungai yang bisa merusak lingkungan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, secara tegas melarang masyarakat untuk menangkap ikan dengan cara menyentrum atau dengan cara lain yang merusak lingkungan. Hal ini sebagai himbaukan kepada masyarakat Palembang, agar dapat menjaga lingkungan perairan sungai tetap terjaga kelestariannya.

"Perlu diketahui, berdasarkan undang-undang perikanan, siapa yang ketahuan menyetrum ikan di sungai yang bisa merusak lingkungan, bisa didenda Rp 1 miliar dan kurungan enam tahun penjara. Jadi aturan ini sebagai efek jeran bagi yang melanggar," ujar Sudirman teguh, Staf Ahli Perekonomian dan Investasi Pemkot Palembang, Minggu (9/3/2014).

Dikatakan Sudirman, sampai saat ini di wilayah perairan Palembang belum ada yang ketahuan melakukan pelanggaran menangkap ikan dengan cara menyentrum. Namun ada beberapa titik yang dinilai rawan terjadinya penyentruman ikan dan terus dipantau. Seperti kawasan pinggrian perairan Sungai Musi di Kecamatan Kertapati dan Gandus. Sehingga pihak kecamatan di Palembang, dihimbau untuk mensosialisaiskan kepada masyarakat untuk tidak menangkap ikan dengan cara menyentrum.

Seperti diketahui sampai saat ini, ikan Belida yang identik sebagai ikan khas Palembang, belum ada teknologi cara budidayanya. Jika pun ada yang budidayanya, mungkin dilakukan secara alami dan tergantung kondisi alam. Mungkin saat ini budidya pemijahan ikan Belido hanya ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan pihak Pemkot Palembang sudah mengirim tim untuk mempelajarinya.

"Setiap ada acara di pinggiran Sungai Musi, pasti bapak Walikota melakukan penebaran bibit ikan. Hal ini sebagai cara menjaga kelestarian budidaya ikan. Jadi mulai saat ini, diharapkan kepada masyarakat untuk membudidayakan diri menangkap ikan dengan cara memancing," ungkapnya.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help