Museum Bengkulu akan Awetkan Beberapa Bunga Rafflesia

Pertimbangan lainnya adalah wisatawan sulit menjumpai flora ini karena tempatnya berada di belantara Bengkulu.

Museum Bengkulu akan Awetkan Beberapa Bunga Rafflesia
KOMPAS.com/Firmansyah
Rafflesia Arnoldi, puspa langka Bengkulu 

SRIPOKU.COM, BENGKULU - Museum Daerah Provinsi Bengkulu berencana mengawetkan beberapa jenis bunga rafflesia guna menambahkan koleksi lembaga tersebut.

Pertimbangan lainnya adalah wisatawan sulit menjumpai flora ini karena tempatnya berada di belantara Bengkulu.

"Banyak wisatawan ke Bengkulu ingin melihat bunga rafflesia tapi karena tempatnya jauh berada di dalam hutan akhirnya mereka hanya lihat foto. Tidak semua wisatawan yang mampu masuk ke hutan untuk melihat bunga itu," kata Kepala Museum Bengkulu, Miznan, Senin (27/1/2014).

Ia katakan selama ini yang ada hanya replika, atau tugu bunga rafflesia saja, sementara bunga asli yang diawetkan lalu mudah diakses wisatawan tidak ada. "Jepang saja punya bunga rafflesia yang diawetkan untuk dipertontonkan. Kenapa Bengkulu yang merupakan asal bunga itu justru tidak ada," tambahnya.

Rencana pengawetan bunga tersebut sudah dia sampaikan kepada beberapa ahli bunga rafflesia. Namun ada memiliki sedikit kendala dalam hal pendanaan, meski demikian menurut dia itu bukan persoalan utama.

Bunga rafflesia merupakan flora khas Provinsi Bengkulu. Bunga ini merupakan yang terbesar yang tumbuh ditemukan di beberapa kabupaten di daerah ini. Namun bunga itu hanya terdapat di pedalaman hutan lindung.

Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help