Sabtu, 1 Agustus 2015

KPU Siapkan Formulir A5

Selasa, 21 Januari 2014 16:49

KPU Siapkan Formulir A5
TRIBUN SUMSEL
Ahmad Naafi, Komisioner KPU Sumsel

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kekawatiran sebagian masyarakat yang sedang menempuh pendidikan di luar wilayah tempatnya terdaftar sebagai pemilih akan menghalangi hak pilihnya pada Pemilu legislatif 9 April 2014 mendatang bukan merupakan penghalang.

Peraturan KPU Nomor 26 tahun 2013 akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan hak pilihnya dengan lebih dulu melapor kepada tempatnya terdaftar agar memperoleh formulir A.5.

Penegasan ini disampaikan Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan divisi Sosialisasi dan Kampanye Ahmad Naafi, SH, MKn, Selasa (21/1/2014).

Dijelaskannya bahwa  dalam peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pemungutan suara dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara dalam Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi dan Kabupaten memberikan ketentuan bahwa Keadaan tertentu bagi pemilih yaitu saat dia menjalankan tugas di tempat lain pada hari dan tanggal pemungutan suara, menjalani rawat inap di rumah sakit, menjalani tahanan dirumah tahananan atau LP, tugas belajar, pindah domisili dan tertimpa bencana alam.

Dalam PKP Nomor 26Tahun 2013 dijelaskan bahwa dalam hal pemilih  dalam keadaan tertentu sebagaimana dimaksud memberikan suara di TPS lain , pemilih wajib melapor kepada PPS asal untuk memperoleh formulir model A5-KPU dengan menunjukkan KTP atau identitas lain.

”Silahkan Pemilih tersebut melapor ke PPS asal paling  lambat tiga hari sebelum pemungutan suara dan akan memperoleh formulir A5-KPU yang merupakan surat keterangan pindah memilih ke TPS lain lalu melaporkan ke TPS tempat tinggal terdekatnya untuk memilih lalu dimasukkan kedalam formulir khusus,” kata Naafi yang mantan wartawan Sriwijaya Post.

Kesempatan Memilih Lebih Besar

Halaman12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas