• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 23 Agustus 2014
Sriwijaya Post

Pemilik Lahan Terima Uang Ganti Rugi

Kamis, 5 Desember 2013 19:13 WIB

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pembangunan Perumahan Bagi Masyarakat Miskin (MBR) Tahap II, yang akan berlokasi di Jl Jaya Laksana Kelurahan 3-4 Ulu SU I Palembang, sudah selangkah mengalami kemajuan. Ini ditunjukkan dengan sudah dibayarkannya uang ganti rugi sebagai kompensasi pembebasan lahan kepada masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

Sudah dibayarkannya ganti rugi kepada warga yang tinggal di lokasi dibenarkan oleh Lurah 3-4 Ulu, Kms Mahmud Fauzi. Diungkapkan Mahmud, setidaknya ada 27 pemilik lahan yang sudah dibayarkan uang ganti rugi.

"Besaran ganti ruginya beraneka ragam karena sesuai degnan lahan dan bangunan yang dibebaskan. Yang jelas, besaran ganti rugi terhadap pemilik lahan dan bangunan disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)," kata Mahmud, Kamis (5/12/2013).

Masih kata Mahmud, pencairan ini sudah dilakukan sejak Rabu (4/12/2013). Pemberian langsung diberikan pihak kelurahan dengan mendatangi masing-masing kediaman pemilik lahan. Namun, Mahmud enggan memberikan kisaran uang ganti rugi untuk pembebasan lahan ini. Yang pasti, Mahmud menjamin, uang ganti rugi yang diberikan kepada pemilik lahan dirasa cukup dan sepadan untuk mencari tempat tinggal yang baru dengan kondisi tempat tinggal yang lama.

Mahmud berharap, dengan sudah dicairkannya uang pembebasan lahan oleh pihak kelurahan, masyarakat bisa menjalani persetujuan yang sudah disepekati. Begitu uang ganti rugi sudah diterima, ia berharap, masyarakat mau meninggalkan lokasi yang sudah dibebaskan dengan sendirinya tanpa perlu pemaksaan. Pasalnya, langkah pemaksaan dirasa akan merepotkan bagi setiap pihak yang terkait.

"Kita juga berharap, pemilik lahan yang sudah menerima ganti rugi supaya mau menghancurkan bangunannya sendiri. Selanjutnya, mereka bisa menetap atau mencari kediaman yang baru dengan uang ganti rugi yang sudah diterima. BAgi mereka yang belum menerima, kita jamin akan menyusul secepatnya

Terpisah, Novran Hansyah selaku Camat Seberang Ulu I melalui Sekcam, Ricky Harahap menjelaskan, sebelum dilakukan pembayaran ganti rugi, warga selaku pemilik lahan dan bangunan yang akan dibangun perumahan MBR tahap II sudah dilakukan sosialisasi terkait dengan besaran ganti rugi. Dan semua warga sepakat dengan besaran ganti rugi yang berdasarkan NJOP.

“Dan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi tersebut, setidaknya uang ganti rugi ini bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat dan dapat digunakan untuk membeli rumah. Dan sebelum pelaksanaan dimulai, warga masih tetap bisa tinggal. Namun begitu lahan tersebut akan digunakan, warga diminta untuk segera pindah dan mengosongkannya,” pungkas Ricky.

Penulis: Refli Permana
Editor: Soegeng Haryadi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
474522 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas