• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Sriwijaya Post

Akumulasi Suara Pemilukada Dilakukan di KPU Sumsel

Kamis, 5 September 2013 19:51 WIB
Akumulasi Suara Pemilukada Dilakukan di KPU Sumsel
ISTIMEWA
Ong Berlian, anggota KPU Sumsel. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Hasil dari Pemungutan Suara (PSU) di lima wilayah Sumsel, hasilnya akan dikumulatifkan atau digabungkan pada hasil wilayah lainnya yang non PSU. Sehingga penetapan pasangan calon terpilih pilgub-wagub Sumsel tetap berada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel melalui rapat pleno dan bukan diputuskan Mahkamah Agung (MK).

Hal ini ditegaskan Komisioner KPUSumsel Divisi Sosialisasi Ong Berlian, Kamis (5/9/2013). "Hasil PSU ini akan digabung dengan non PSU. Jadi sebelum diserahkan hasilnya ke MK terlebih dulu akan ditetapkan oleh KPU Sumsel, pasangan calon mana yang terpilih berdasarkan perhitungan suara terbanyak," ujar Ong Berlian.

Mengenai waktu penetapan untuk pasangan terpilih, Ong mengatakan, penetapan pasangan calon terpilih akan dilakukan melalui rapat pleno pada 13 September mendatang di KPU Sumsel. Saat ini perhitungan suara masih dalam proses rekapan sesuai tingkatan.

Dimulai dari perhitungan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), kemudian rekapitulasi Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan. Lalu rekapitulasi diserahkan ke PPK tingkat kecamatan dan baru hasilnya kembali direkapitulasi di KPU kota/kabupaten tempat PSU digelar.

"Setelah semua tingkatan sudah selesai di lima lokasi PSU, hasil rekapannya akan dilakukan rekapitulasi kembali di KPU Sumsel. Setelah rekap barulah ditetapkan pasangan terpilih melalui rapat pleno dan kemudian hasilnya diserahkan ke MK," jelas Ong

Jadwal Rekapitulasi PSU Pigub-wagub Sumsel
5-6 September Rekapitulasi PPS Kelurahan
7-8 September Rekapitulasi PPK Kecamatan
9-10 September Rekapitulasi KPU Kota/Kabupaten
11-12 September Rekapitulasi KPU Sumsel
13 September Rapat Pleno Penetapan Calon Terpilih
16 September KPU Sumsel Menyerahkan Hasil ke MK
Sumber: Divisi Sosialisasi KPU Sumsel

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Soegeng Haryadi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
396272 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas