Pemilihan Bupati Empatlawang

SMS Ancaman Penundaan Pelantikan Menyebar

Sudah 3.500 undangan telah disebar kepada para undangan untuk menghadiri pelantikan Bupati Empatlawang terpilih.

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Empatlawang periode 2013-2018 yang langsung dilakukan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dipastikan dilaksanakan, Senin (26/8/2013). Setidaknya, sudah 3.500 undangan telah disebar kepada para undangan.

Ketua DPRD Empatlawang, H David Hadrianto Aljufri menjelaskan, surat keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah diterima pihaknya pada 21 Agustus lalu. SK Mendagri nomor 131.16-6377 tahun 2013 dan wakil bupati 132.16-6378 tahun 2013 ditandatangani oleh Mendagri, Gamawan Fauzi.

"Keduanya sudah kita terima 21 Agustus lalu. Besok (hari ini, red) akan dilaksanakan pelantikannya," ungkapnya.

Dikatakannya, dengan diterimanya SK tersebut, maka selanjutnya panitia mempersiapkan segala sesuatu untuk pelantikannya. Berdasarkan penugasan periode 2008-2013 berakhir pada 26 Agustus 2013. Sehingga ditetapkan pelantikan 26 Agustus 2013.

"Semua telah dipersiapkan oleh panitia apa yang diperlukan. Untuk undangan sudah kita sebar berkisar 3.500 undangan, termasuk pula pejabat-pejabat daerah Sumsel, kabupaten dan provinsi tetangga serta pejabat Negara dan tokoh nasional," katanya.

Ditambahkannya, yang hadir nantinya cukup banyak pejabat di beberapa kabupaten, kota dalam wilayah provinsi Sumsel telah mengkonfirmasi kehadirannya. Ada juga pejabat di beberapa provinsi tetangga akan hadir, termasuk pula dari Direktorat Jendral Pembangunan desa tertinggal, Dirjen tenaga kerja.

"Pejabat-pejabat tinggi daerah, pihak legislatif di beberapa daerah juga telah mengkonfirmasi kehadiran dan masih ada lagi lainnya. Kita berharap semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan," harapnya.

Sebelumnya, SMS berupa ancaman untuk menunda pelantikan menyebar di tengah masyarakat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Hal ini cukup membuat keresahan di tengah masyarakat, apalagi ada SMS yang menyebutkan untuk menduduki Kantor Pemkab Empatlawang serta SMS yang menyatakan penolakan ataupun Gubernur untuk menundak pelantikannya.

Disisi lain, petugas keamanan juga bersiap siaga menunaikan tugasnya untuk mengamankan pra serta jalannya prosesi pelantikan. Sebelumnya TNI-Polri melakukan apel gabungan di halaman Mapolres Empatlawang yang kemudian pada siang dilanjutkan simulasi pengamanan untuk bupati dan wakil bupati Empatlawang di lokasi pelantikan. Sejumlah peralatan, termasuk pagar berduri telah disiapkan di sekitaran tempat pelantikan.

Bupati Empatlawang, H Budi Antoni Aljufri yang akan kembali dilantik untuk memimpin Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati lima tahun kedepan mengharapkan, agar pelantikan nanti berjalan dengan aman, lancar tanpa halangan yang begitu berarti. Karena prosesi pelantikan yang dilakukan lima tahun sekali ini merupakan lanjutan dari pemerintahannya lima tahun yang silam.

"Semoga tidak ada hambatan dan berjalan sebagaimana yang diharapkan. Upacara sakral yang dinanti-nantikan masyarakat, sebagai awal dari kelanjutan pembangunan di Empatlawang," katanya.

Penulis: Wiliem Wira Kusuma
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help