• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Sriwijaya Post

September, OKI Selenggarakan Penerimaan CPNS

Minggu, 25 Agustus 2013 19:45 WIB
September, OKI Selenggarakan Penerimaan CPNS
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Sebanyak 1.658 Tenaga Honorer Kategori dua (K2) di Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dijadwalkan pada 29 September mendatang akan menjalani tes tertulis, persis seperti tes untuk rekrutmen penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum. Honorer itu akan merebutkan 30 persen kursi CPNS.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan kepegawaian dan diklat (BKD) OKI, Zaid Kamal SPd. Menurutnya, sesuai dengan ketentuan yang ada, honorer K2 yang akan diangkat menjadi CPNS harus lulus ujian tertulis terlebih dahulu.

"Sesuai wacana dari Kemen PAN, pada 29 September honere OKI akan mengikuti ujian tertulis seperti tes CPNS dari jalur umum, bagi yang tidak lulus maka ditunda untuk menjadi CPNS,” kata Zaid, Minggu (25/8/2013).

Dijelaskan Zaid Kamal, awalnya jadwal tes CPNS K2 ini digelar pada 9 September, tetapi saat ini beberapa daerah masih dalam proses validasi data, termasuk OKI, baru 1.308 yang baru di validasi oleh pemerintah pusat.

"Kita terus memperjuangkan agar semuanya honorer di OKI sebanyak 1.658 itu bisa ikut serta dalam tes CPNS,” kata Zaid.

Mengenai kuota yang akan diterima, menurut Zaid, sebanyak 30 persen dari kuota nasional, yang akan diterima sesuai dengan rangking 30 persen tertingggi. "Jadi 30 persen kuota yang diterima itu bukan kuota daerah, melainkan kuota nasional. Jadi kalau rangking honorer kita masuk dalam 30 persen tinggi secara nasional maka bisa diterima CPNS, tes tertulis akan dilaksanakan dua kali, yakni Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB),” terangnya.

Dari jumlah honorer K2 yang akan mengikuti tes tertulis, didominasi oleh tenaga guru dengan rincian tenaga guru sebanyak 1.140, kemudian tenaga kesehatan sebanyak 91 orang, dan sisanya tenaga teknis.

"Honorer K2 ini merupakan tenaga honor yang bekerja sejak 1 Januari 2005, nanti menjelang tes tertulis, seluruh nama-nama honorer K2, akan kita tempel di papan pengumuman kantor BKD,” bebernya.

Tenaga honorer yang akan mengikuti tes sudah dilakukan pendataan tempat tugas dan kode jabatan, sementara untuk lokasi ujian tetap berlokasi di wilayah kota Kayuagung. Pihaknya berharap para honorer untuk mempersiapkan diri menjelang tes tertulis.

"Jumlah honorer kita sangat banyak, dari jumlah 1.658 honorer itu saat ini baru 1.308 sudah di validasi. Semua honorer tetap kita perjuangkan agar namanya masuk untuk menjadi peserta tes,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Zaid, sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah pusat tahun ini Pemkab OKI mendapat kuota penerimaan CPNS dari jalur umum sebanyak 168 orang. "Walaupun sedikit karena kebutuhan kita sebenarnya sebanyak 2.400, tetapi jumlah kuota itu sudah banyak dibandingkan beberapa daerah lain yang mendapat kuota kurang dari 100 orang," katanya.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Soegeng Haryadi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
386142 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas