SriwijayaPost/

Pemilihan Bupati Empatlawang

Joncik Kecewa MK Batalkan Kemenangannya

Joncik Muhammad-Ali Halimi (Jonli) mengaku kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan kemenangan mereka.

Joncik Kecewa MK Batalkan Kemenangannya
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kubu Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang, Joncik Muhammad-Ali Halimi (Jonli) mengaku kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang membatalkan kemenangan mereka.

"Pasti kami merasa kecewa karena ada hal yang kami anggap sangat mendasar tapi diabaikan oleh Mahkamah," ujar tim pemenangan kabupaten tim Jonli, Suharli M Yamin, usai persidangan di MK, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Misalnya, kata Suharli, substansi adalah menghitung suara. Namun kotak suara tersebut mereka klaim sudah tidak steril lagi.

Karena itu, surat suara dalam kotak suara tersebut semestinya tidak bisa dijadikan pertimbangan yang mendasar karena kondisi kotaknya sendiri tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Menurut Suharli, Mahkamah seharusnya melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) dibandingkan dengan menghitung suara ulang.

"Yang paling 'fair' itu PSU karena kita menganggap apa yang ada di dalam kotak itu sama sekali tidak bsa lagi dipertanggungjawabkan," tandasnya.

Sementara itu kuasa hukum pihak termohon atau KPU Kabupaten Empat Lawang, Fajri Safi'i, menegaskan Mahkamah membuat putusan yang tidak jelas.

Menurut Fajri, Mahkamah tidak boleh menghitung suara ulang. Wewenang tersebut harusnya dilakukan KPU Empat Lawang.

"Nggak jelas pertimbangannya apa. Bukan penghitungan ulang. MK tidak boleh menghitung ulang. Menghitung ulang kan KPU," kata Fajri.

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help