Pemilihan Bupati Empatlawang

Beredar Kabar Bakal Pemilihan Ulang di Empatlawang

Masyarakat Empatlawang resah, menyusul adanya informasi akan diadakan pemilihan ulang di Kecamatan Muarapinang.

Beredar Kabar Bakal Pemilihan Ulang di Empatlawang
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI - Tarik ulurnya pengumuman putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilkada Empatlawang menimbulkan tanda tanya dari masyarakat. Masyarakat juga merasa resah, menyusul adanya informasi akan diadakan pemilihan ulang untuk di Kecamatan Muarapinang yang disengeketakan.

Informasi yang berkembang dengan cepat menyebar ke masyarakat via SMS, BlackBerry Messenger, bahkan disampaikan langsung oleh seorang pejabat tinggi di Pemkab Empatlawang.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pada sambutan pejabat tinggi pada rapat dengan Kapolres, Dandim 0405, Sekda, seluruh Camat dan kades serta Sekdes se Kabupaten Empatlawang, salah seorang pejabat tinggi menyampaikan, walaupun hasil perhitungan kertas suara di sidang MK, HBA-Syahril unggul 975 suara, tapi itu belum kuat dan masih ada celah hukum karena sebagian kotak suara kuncinya jebol, segel banyak yang rusak. Karena itu hasil perhitungan belum bisa jadi dasar MK untuk mutuskan perkara.

"Jadi kita harus siap terjadi pilkada ulang di Kecamatan Muarapinang. Camat Muarapinang kamu harus siap," ungkap seorang pejabat di Pemkab Empatlawang yang meminta namanya tidak disebutkan seraya menirukan sambutan yang disampaikan pejabat tinggi tersebut.

Dikatakannya, statemen tersebut sangat meresahkan masyarakat yang sekarang ini tengah mewanti-wanti keputusan MK yang hingga sekarang belum kunjung tibat. Selain itu, sebagai pejabat, statemen tersebut tidak perlu disampaikan kepada masyarakat, karena pastilah hadirin serta masyarakat lain mengnalisa yang diungkapkan seorang publik figur.

"Tidak wajar seorang pejabat berkata demikian, karena akan memperkeruh suasana. Apalagi, sekarang ini belum ada keputusan resmi siapa pemenangnya, meskipun hasil perhitungan sudah diketahui HBA-Syahril unggul," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Empatlawang, H Sofyan Djamal ketika dikonfirmasi menegaskan, itu merupakan isu yang dikembangkan oleh orang yang tidak senang dengan dirinya. "Tidak ada saya mengungkapkan hal demikian, tidak benar itu," tegasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan yang disampaikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Namun disinggung langkah yang akan diambil mengenai hal tersebut dirinya mengungkapkan tidak akan mengambil langkah hukum. "Yang pastinya saya tidak ada berstatemen tersebut, bohonglah itu," tandasnya.

Penulis: Wiliem Wira Kusuma
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help