SriwijayaPost/

Pemilihan Bupati Empatlawang

Pasangan HBA-Syahril Unggul Sementara dengan 490 Suara

Dengan penghitungan manual MK yang disiarkan langsung melalui MKTV atau live streaming dengan disaksikan para pengacara ini sudah 29 kotak

Pasangan HBA-Syahril Unggul Sementara dengan 490 Suara
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI - Sidang pleno Mahkamah Konstitusi (MK) lanjutan penghitungan ulang perolehan suara sementara Pilkada Empatlawang, Rabu (17/7/2013), pasangan HBA-Syahril (BERHASIL) unggul 490 suara dari pasangan Joncik Muhammad-Ali Halimi (JONLI).

Penghitungan yang dimulai pukul 09.00-10.00 akan dilanjutkan pukul 12.00 ini.

Dengan penghitungan manual MK yang disiarkan langsung melalui MKTV atau live streaming dengan disaksikan para pengacara ini sudah 29 kotak dari 38 kotak suara yang disengketakan.

Sembilan kotak suara yang belum dihitung yakni TPS di Desa Sawah dan Sapapanjang.

Sebelumnya MK memutuskan penghitungan ulang kotak suara 38 TPS di 10 desa dalam Kecamatan Muarapinang, Kabupaten Empatlawang.

Pilkada Empatlawang yang diselenggarakan tanggal 6 Juni 2013 lalu disengketakan oleh pemohon pasangan BERHASIL dengan Nomor Perkara: 71/PHPU.D-XI/2013.

Pokok Perkara : Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Empatlawang Tahun 2013.

Sebelumnya, penghitungan suara ulang tersebut dilakukan pada 38 Tempat Penghitungan Suara (TPS) di 10 desa dalam wilayah Kecamatan Muarapinang, yakni Desa Tanjungtawang, Pajarmenang, Niur, Gedungagung, Seleman Ulu, Muarapinang Lama, Sukadana, Batu Jungul, Sapa Panjang, dan Sawah.

Penghitungan suara ulang tersebut merupakan perintah Mahkamah kepada KPU Kabupaten Empatlawang dalam sidang putusan pekan lalu.

"Perhitungan akan dilanjutkan siang ini pukul 12.00," ungkap Ketua Hakim persidangan merangkap anggota, M Akil Mochtar menutup sidang.

Sementara itu, kuasa hukum pasangan HBA-Syahril, Ari Yusuf Amer yang menyaksikan jalannya persidangan langsung di MK mengatakan, hasil penghitungan sementara HBA-Syahril sudah unggul 490 suara dari pasangan Jonli.

"Alhamdulillah, kebenaran akan terungkap. Sesuai dengan perhitungan tim, Panwaslu dan Kepolisian disinyalir penggelembungan untuk dua desa yang belum dihitung ulang, yakni Desa Sawah 294 suara Sapapanjang 110 suara," ungkapnya.

Penulis: Wiliem Wira Kusuma
Editor: Sudarwan
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help