SriwijayaPost/

Pemilihan Bupati Empatlawang

Putusan Sengketa Pilbup Empatlawang Ditunda Lagi

Keputusan Mahkamah Konstitusi tentang sengketa Pemilukada Empatlawang kembali ditunda hingga Senin mendatang.

SRIPOKU.COM, TEBINGTINGGI - Masyarakat Empatlawang tampaknya tidak sabar menunggu keputusan final Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilkada Empatlawang yang diselenggarakan 6 Juni lalu. Keputusan ini merupakan penentu siapa Bupati-Wakil Bupati Empatlawang terpilih periode 2013-2018 mendatang.

Terakhir, informasi didapat keputusan akhir sidang sengketa Pilkada Empatlawang di MK kembali ditunda. Jika sebelumnya putusan akan ditetapkan pada Senin (8/7/2013) dan kemudian ditunda hingga empat hari, 12 Juli, kini keputusannya kembali ditunda hingga Senin (15/7/2013) mendatang.

Seperti dikutip surat resmi MK kepada seluruh pihak, baik Pemohon, Termohon serta Pihak Terkait bahwa sidang penetapan akan digelar pada Senin (15/7/2013) mendatang. Kuasa hukum pemohon atau HBA-Syahril, Ary Yusuf Amir mengatakan surat tersebut sudah diterima oleh pihaknya.

"Suratnya sudah kami terima, isinya tentang keputusan sidang sengketa Pilkada Empatlawang. Pada surat tersebut disebutkan, bahwasannya putusan akan dibacakan pada Senin, 15 Juli mendatang," ungkapnya via handphone, Kamis (11/7/2013).

Baginya, baik itu Senin ataupun hari lainnya, jika masih ada keadilan di MK serta profesional dalam membuka ke-38 kotak suara yang ada di seluruh TPS di 10 desa dalam wilayah Kecamatan Muarapinang maka akan terlihat kebenarannya.

"Kita masih menunggu, apakah isi kotak suara itu diganti atau tidak. Jika tidak ada perubahan, maka saya yakin 100 persen HBA-Syahril menang," tegasnya.

Senada diungkapkan kuasa hukum HBA-Syahril lainnya, Sirah Prayuna membenarkan sidang tersebut akan digelar pada Senin (15/7). Diagendakan, sidang lanjutan akan digelar pada Senin pukul 08.00. "MK menganulir perhitungan suara di 38 TPS dalam 10 desa yang disengketakan. Karena itulah akan dihitung ulang, kita tunggu bagaimana hasilnya nanti," tandasnya.

Sementara itu termohon atau KPU Empatlawang melalui ketuanya, Muroimin Zahri juga mengiyakan jadwal putusan tersebut dan mengaku selama berjalannya pembukaan kotak tidak ada permasalahan yang signifikan. Menurutnya, pihaknya sudah menjalankan tugas dengan benar.

"Semua sudah kita jalankan sesuai dengan aturan dan tidak ada permasalahan. Hasil persidangan nanti akan membuktikan kebenarannya," tandasnya.

Penulis: Wiliem Wira Kusuma
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help