• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Sriwijaya Post

Masyarakat Bisa Batalkan Pencalonan Anggota Legislatif

Selasa, 11 Juni 2013 17:19 WIB
SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Masyarakat Kota Pagaralam bisa membatalkan calon anggota legislatif atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) jika dianggap tidak layak. Hal tersebut dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dimassa Uji Publik atau sanggahan Daftar Calon Legislatif  Sementara (DCS).

KPU Kota Pagaralam akan menggelar pengumuman uji publik atau masa sangahan bagi sebanyak 293 DCS dari hasil verifikasi administrasi. Hal tersebut dilakukan sebelum ditetapkan DCS menjadi Daftar Calon Legisatif Tetap (DCT) untuk pemilihan anggota legislatif Kota Pagaralam 2014 mendatang.
     
Anggota KPU KOta Pagaralam Divisi Pencalonan, Junaidi mengatakan, setelah meneliti keabsahan berkas pencalonan 293 Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) nantinya akan ditetapkan sebagai Daftar Calon Legisatif Tetap (DCT).

"Sebelumnya ada 294 orang Daftar Calon Legislatif yang mendaftar. Namun setelah diteliti ada satu calon yang dinyatakan gugur karena kurang umur. Kita menggelar masa sanggahan atau masukan dan tanggapan dari masyarakat jika ada anggota yang dinyatakan tidak layak," ujarnya kepada Sripoku.com,  Selasa (11/6/2013).

Masa sanggahan atau media uji publik merupakan kegiatan dengan melibatkan masyarakat. Masyarakat bisa memberikan dan mengajukan keberatan terkait nama-nama calon yang sudah masuk dalam DCS.

"Jika masyarakat mengetahui adanya calon yang terindikasi menggunakan ijazah palsu atau hal-hal lainnya bisa melapor ke pihak KPU. Jika memang benar apa yang dilaporkan masyarakat maka calon yang bersangkutan bisa kita gugurkan," jelasnya.
Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Soegeng Haryadi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
327452 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas