A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Bedah Usaha: Dari Plastik Jadi Pengusaha - Sriwijaya Post
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Sriwijaya Post

Bedah Usaha: Dari Plastik Jadi Pengusaha

Senin, 10 Juni 2013 08:24 WIB
SRIPOKU.COM, MALANG - Ide dan kreatifitas yang membuahkan hasil dibuktikan oleh seorang warga di kawasan Junrejo, Batu, Malang. Usahanya sebagai perajin tas plastik tak hanya mendatangkan keuntungan bagi keluarga, tapi juga menciptakan lapangan kerja untuk kaum perempuan, terutama para ibu rumah tangga di sekitarnya.

Seperti inilah aktivitas yang terlihat di depan kediaman David Yohanes, salah satu warga di kawasan Junrejo yang ditayangkan Liputan 6 SCTV, Senin (10/6/2013). Di daerah itu, setiap harinya beberapa wanita setengah baya membuat kerajinan tas anyaman plastik dengan aneka warna.

Usaha pembuatan tas anyaman plastik milik David ini telah dirintis sejak 11 tahun lalu. David memang sengaja mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumahnya untuk membantu usahanya. Saat ini tak kurang dari 150 warga yang membantu pembuatan tas plastik.

Dengan adanya tas anyaman plastik ini pun diharapkan dapat menggantikan penggunaan tas plastik atau kresek. Setidaknya akan mengurangi penyebab bertambahnya limbah plastik.

Saat memulai usahanya, bapak 3 orang anak ini mengaku hanya bermodalkan pinjaman dari bank senilai Rp 3 juta. Pada awal usahanya, ia pun sempat menghadapi beberapa kendala.

Pembuatan tas anyaman plastik ini tak hanya dilakukan di rumah David. Sebagian besar warga perajin dapat mengerjakannya di rumah masing-masing atau mengerjakannya secara berkelompok.

Pada awal pemasaran david mencari sendiri sasaran calon pelanggannya. Tapi kini, ia tinggal menunggu pesanan para pelanggannya yang tersebar di kota-kota Jawa Tengah dan Jawa Timur, hingga ke Papua. Tak jarang pula ada pembeli yang datang langsung ke rumahnya.

Setiap bulan David memproduksi lebih dari 12 ribu tas. Dari hasil pesanan dan penjualan, ia meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

David pun berharap usahanya ini semakin berkembang dan dapat terus membantu perekonomian warga sekitarnya. (Mut)
Sumber: Liputan6.com
Editor: Bejoroy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
326222 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas