Pemilihan Bupati Lahat

Aswari Kuasai 20 Kecamatan di Lahat

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat Saifudin Aswari-Marwan Mansyur dinyatakan menang 70 persen pada Pemilukada Lahat.

SRIPOKU.COM, LAHAT - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat Saifudin Aswari-Marwan Mansyur (SAMA), dinyatakan menang 70 persen pada Pemilukada Kabupaten Lahat, dalam hitung cepat (quick count) yang dilakukan Pusat Data Elektronik Arsip dan Sandi Daerah (PDEA dan Sanda) Kabupaten Lahat.

Incumbent hanya kalah di 2 Kecamatan yakni di Kikim Timur dan Selatan, sementara sisanya menang telak hingga di tas 80 persen.

Pantauan Sripoku.com, proses hitung cepat yang dilakukan PDEA dan Sanda Kabupaten Lahat, tidak berjalan lancar. Sejak perhitungan dimulai pukul 13.00, data yang masuk ke pusat pengumpulan di kantor PDEA dan Sanda tersendat. Hingga pukul 15.00 bahkan baru 2 persen dari total suara yang masuk, hingga sejumlah orang yang menunggu termasuk wartawan gelisah. Bahkan hingga pukul 17.30 data yang terkumpul baru 8 persen, hingga membuat sebagian orang memilih pergi.

Data mulai lancar masuk ke database pada malam hari, dan perhitungan dilakukan tanpa hambatan. Sebab sifatnya mengumpulkan hasil rekapitulasi dari semua tempat pemungutan suara (TPS), bukan sampel seperti survei lainnya.

Perhitungan selesai dilakukan pada pukul 21.30, dan dari data yang dibagikan pasangan SAMA unggul 71,21 persen. Bupati patahana tersebut berhasil mengumpulkan 138.874 suara, dan unggul di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat. Sedangkan pasangan Herliansyah-Ariestoteles (HERO) meraih 21,95 persen dengan 42.810 suara, dan unggul di dua Kecamatan. Sementera pasangan independen nomor urut 3 Rozi Ardiansyah-Marsri (Masri) hanya meraih 6,84  persen, dengan 13.340 suara.

Pasangan SAMA hanya kalah di dua Kecamatan, yakni di Kecamatan Kikim Timur dan Kikim Selatan yang didominasi pasangan Hero. di Kikim Timur SAMA hanya meraih 5.820 suara atau 38,63 persen, sedangkan pasangan HERO unggul dengan 8.681 suara atau 57,62 persen. Sementera di Kikim Selatan SAMA meraih 2817 suara atau 36,31 suara, pasangan HERO mendapat 4.316 suara atau 55,63 persen.

Untuk 20 Kecamatan lainnya pasangan SAMA unggul telak, dari dua kandidat lainnya. Terutama di Kecamatan Gumay Talang, Muara Payang, Pagar Gunung Pajar Bulan, Tanjung Sakti Pumi, Tanjung Sakti Pumu dan Sukamerindu, yang ungggul lebih dari 80 persen. Jumlah suara sah yang masuk ke PDEA dan Sanda Kabupaten Lahat sebanyak 195.024, dari daftar pemilih tetap (DPT) KPU Kabpaten Lahat sebanyak 298.526 orang. Sehingga kemungkinan warga yang tidak menggunakan hak pilihnya bisa mencapai 100 ribu, lebih banyak dari total jumlah suara dua kandidat yang kalah.

Namun Kepala PDEA dan Sanda Kabupaten Lahat Yusril tidak melakukan konfrensi pers, mengenai hasil realcount yang mereka lakukan. Ia tidak terlihat lagi setelah perhitungan selesai, dan hanya ada staffnya. Pada saat mulai perhitungan Yusril mengaku kegiatan yang mereka lakukan hanya untuk konsumsi intern di Pemkab Lahat. 

Mengenai hasil realcount yang dilakukan PDEA dan Sanda Kabupaten Lahat, tiga kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat memiliki tanggapan beragam. Saifudin Aswari yang juga incumbent Bupati Lahat mengaku merasa tersanjung, dengan begitu banyak dukungan yang diberikan warga kepadanya. Ia berjanji akan tetap mempertahankan tradisi dan kebijakan pro rakyat, untuk membangun Kabupaten Lahat. 

"Meski ini bukan ketetapan KPU, tapi saya yakin tidak akan bergeser jauh. Kepada calon lain saya ucapkan selamat, karena semua sudah berjuang. Tapi tetap rakyat yang menentukan," ujar Aswari dihubungi via ponsel.

Sementara Herliansyah yang merupakan calon Bupati nomor urut 3, sudah siap apapun hasil Pemilukada Kabupaten Lahat. Sebab rakyatlah yang menentukan, siapa yang berhak memimpin mereka. Namun apapun hasilnya ia tetap memilih menunggu perhitungan resmi, yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten lahat. 

Sedangkan calon Bupati Lahat nomor urut 1 Rozi Ardiansyah, mengakui kekalahannya. Pria yang maju dari jalun independent ini mengucapkan selama kepada pasangan yang meraih suara tertinggi, meskipun baru hasil realcount.
Penulis: Tommy Sahara
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help