Sabtu, 20 Desember 2014
Sriwijaya Post

6 Cara Tetap Sehat di Usia 40 Tahun

Selasa, 4 Juni 2013 09:51 WIB

SRIPOKU.COM, LONDON - Usia memang mempengaruhi kinerja organ yang ada pada tubuh. Wanita usia 40 tahun ke atas rentan terhadap penyakit seperti kesehatan pada payudara, osteoporosis dan penyakit jantung. Diet dan olahraga merupakan dua cara penting untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Berikut tips untuk meningkatkan kesehatan optimal untuk wanita usia 40 tahun ke atas, dilansir sheknows.com, Selasa (4/6/2013) yakni:

1. Meninjau kembali pola makan
Perempuan harus menilai kembali asupan kalori mereka setelah usia 40 dan harus membuat penyesuaian diet berdasarkan tingkat aktivitas mereka. Hal ini satu-satunya cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Fokus pada asupan kalsium baik dari suplemen ataupun susu untuk menjaga kesehatan.

2. Lakukan kegiatan menahan beban
"Olahraga dapat membantu menjaga faktor utama penyakit jantung, menjaga tulang dan otot yang kuat. Hal ini sangat penting karena wanita memasuki menopause," kata asisten profesor klinis di Mount Sinai School of Medicine, Dr. Shari Brasner. Selain latihan kardio, dia menyarankan kegiatan menahan beban yang meningkatkan kekuatan tulang gunakan bodypump. Wanita memulai program olahraga yang menyenangkan dan memotivasi.

3. Pikirkan Kesehatan Diri
Wanita perlu juga memprioritaskan dirinya, biasanya wanita lebih sering mendahulukan kebutuhan keluarga dan menomor duakan kesehatan dirinya sendiri.

4. Stop Merokok
Merokok adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah di Amerika Serikat. Satu dari lima kematian berhubungan dengan sulitnya berhenti dari kebiasaan yang satu ini. Dr Brasner mengatakan, "Merokok mempengaruhi wanita baik di dalam dan luar. Hal ini terkait dengan penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta berbagai jenis kanker".

5. Rutin Berkonsultasi dengan Dokter
Selain pemeriksaan fisik dan ginekologi tahunan, Dr Brasner merekomendasikan untuk tetap cerdas dalam pemeriksaan kesehatan. Dia mengatakan, "Wanita harus tahu pemeriksaan seperti apa yang cocok untuk usia mereka. Informasi ini didapatkan dari dokter."

Para dokter spesialis juga menyarankan bahwa perempuan menyiapkan daftar pertanyaan saat melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan agar mendapatkan jawaban untuk semua masalah kesehatan mereka.

6. Memiliki Catatan Medis
Dr Brasner menjelaskan, "Sebuah catatan kesehatan keluarga adalah cara yang baik untuk wanita dan keluarga mereka untuk tetap baik mempertahankan kesehatan mereka. Menjaganya dengan cara rutin berkonsultasi dengan dokter, mencatat jadwal janji, alergi, obat-obatan dan daftar prosedur medis masa lalu".

Mengambil langkah-langkah tersebut berguna untuk memperbaiki kesehatan Anda dan keluarga. (Mia/Igw)
Sumber: Liputan6.com
Editor: Bejoroy

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas