Senin, 27 April 2015

Jembatan Ampera Berubah Warna 18 Juta Kali

Sabtu, 18 Mei 2013 20:57

Jembatan Ampera Berubah Warna 18 Juta Kali
ISTIMEWA
Jembatan Ampera bermandikan cahaya diwaktu malam hari.

Tiap detik warna jembatan Ampera akan berubah. Terkadang kuning, merah, biru, hijau, ungu hingga orange. Warna tersebut silih berganti-ganti memberikan ornamen keindahan khusus. Coraknya pun hampir sama.

Ketika muncul warna ungu, dari pangkal hingga ujung jembatan selaras dengan warna ungu. Perpaduan warna terang benderang disumbang dari lampu LED philips. Selama tiga bulan, lampu ini akan menerangi ampera yang memiliki panjang 1,1 km dengan tinggi 207 km diatas permukaan laut.

Ryan Tirta Yudistira, Head of Marketing Lighting PT Philips Indonesia mengungkapkan dilihat dari kondisi jembatan, maka Ampera membutuhkan intensitas pencahayaan yang tinggi namun tidak harus boros energi.

Maka, dicanangkanlah penggunaan lampu LED Philips. Lampu penerang jembatan terdiri dari tiga jenis, yakni Color Rich Powercone, yang mampu mengubah warna sesuai keinginan. Setting lampu hanya 250 watt dan terdiri dari 20 titik lampu.

Selain itu, ada lampu penyusun Blast Power Core sebanyak 20 titik dan 10 titik lampu LED jenis Colour Grave. Total penggunaan daya listrik hanya 8500 watt hingga 30 ribu watt. Ini memberikan penghematan listrik hingga 80 persen dari kondisi normal.

Mengapa bisa hemat, menurutnya, karena adopsi cahaya yang dihasilan mengusung colour kinetik sehingga hasil pencahayaan sangat murni. Konfigurasi warna yang terang benderang ini juga sangat memberikan efisiensi penghematan biaya listrik.

Jika selama untuk penggunaan 3000 watt dibutuhkan biaya Rp 900 hingga 1 miliar pertahun, namun kini bisa dihemat hingga Rp 260 juta pertahun.

Halaman123
Penulis: Dewi Handayani
Editor: Hendra Kusuma
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas