Mau Punya Pekerjaan Sampingan? Coba Profesi Ini

Ingin punya double job untuk menambah pemasukan? Atau ingin bekerja dari rumah sebagai freelancer? Kenapa enggak.

SRIPOKU.COM - Ingin punya double job untuk menambah pemasukan? Atau ingin bekerja dari rumah sebagai freelancer? Kenapa enggak. Berikut ini beberapa profesi yang bisa kita coba. Simak ya!

Penulis.
Menulis bisa lakukan kapan dan di mana saja. Bila Anda punya kompetensi untuk menulis, coba deh “sumbang” tulisan untuk majalah. Honor untuk satu artikel berkisar Rp 250.000-400.000 tergantung seberapa banyak dan sulitnya tulisan. Apalagi bila kita menulis untuk rubrik travelling ke luar negeri. Dilengkapi dengan dokumentasi foto? Bisa dihargai sekitar Rp 500.000-1.000.000.

Fotografer atau videografer.
Mengembangkan talenta dalam mengabadikan momen penting juga bisa jadi profesi yang menjanjikan. Bermodal skill fotografi, kamera, dan kemampuan mengedit foto ada banyak peluang yang bisa diambil, baik menjadi freelancer di majalah, fotografer perkawinan, fotografer event, atau videografer.

Penerjemah atau editor buku.
Banyak buku asing yang perlu diterjemahkan, mulai dari buku pelajaran, novel, ataupun komik. Untuk penerjemah, biasanya honor dihitung per halaman dan bisa dilakukan di mana saja. Lumayan lho nambah uang jajan untuk liburan.

Stylist atau makeup artist.
Jago dandan? Kita bisa mengikuti kursus singkat dan mengambil sertifikasi menjadi makeup artist. Pekerjaannya mulai dari rias pengantin hingga model. Honor untuk sekali makeup berkisar antara Rp 300.000-500.000, tergantung skill yang dimiliki.

Pengusaha.
Bila kita punya talenta untuk menciptakan sesuatu, seperti membuat pernak-pernik, perhiasan, atau cookies, kita bisa lho membuka bisnis sendiri. Sangat mungkin menjadikan pekerjaan ini sebagai profesi kedua. Dan teman kantor bisa menjadi target pembeli utama.

Desain grafis.
Termasuk web designer. Luang kerjanya cukup luas, tak hanya terbatas pada layout majalah atau brosur, tapi juga pembuatan logo, mempercantik tampilan website, yang bisa dilakukan di rumah. Untuk melebarkan sayap, kita bisa lho kontes desain dan menjaring networking agar karya kita makin dikenal.

Admin web atau media sosial.
Siapa bilang nge-Twitt enggak bisa jadi profesi menjanjikan. Banyak brand yang membutuhkan admin untuk mengelola website ataupun media sosial seperti Twitter dan Facebook. Untuk admin Twitter, biasanya honor dihitung dari banyaknya Tweet yang kita posting.

Masih banyak pekerjaan lain yang memungkinkan kita kerja dari rumah atau tak harus terikat di kantor. Baik dalam dunia seni, IT, arsitek, atau musik. Yang pasti, tak ada pekerjaan yang tak mungkin kita geluti bila sungguh-sungguh memperjuangkannya. Yuk, kerja dari rumah.
(CHIC/Ayunda Pininta/ Precilia Meirisa)

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved