Sabtu, 29 November 2014
Sriwijaya Post

Pendaftaran Seleksi Masuk Unsri Dibuka 13 Mei

Sabtu, 11 Mei 2013 16:33 WIB

Pendaftaran Seleksi Masuk Unsri Dibuka 13 Mei
IST
Logo Universitas Sriwijaya
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dimulai tanggal 13 Mei pukul 08.00  sampai 7 Juni pukul 22.00.

Menurut panitia pelaksana SBMPTN 2013 Universitas Sriwijaya (Unsri) pendaftaran bisa dilakukan secara online di website ujian.sbmptn.or.id.

Dikatakan, jika peserta ujian tidak mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan dan program beasiswa Bidikmisi dari Dikti, peserta harus membayar di Bank Mandiri.

Untuk kelompok Saintek dan Soshum (IPA dan IPS) biaya pendaftaran Rp 175ribu dan untuk campuran (IPC) Rp 200 ribu. Calon mahasiswa yang juga mengikuti ujian keterampilan harus membayar biaya ujian Rp 150ribu.

Sebagai Identitas, peserta wajib menggunakan tanggal lahir. Setelah melakukan pendaftaran peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.

"KAP dan PIN selanjutnya digunakan untuk mendaftar online," ujarnya.

Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayar tidak perlu mencantumkan nomor rekening, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri.

Pembayaran bisa dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri, ATM Mandiri, SMS dan Internet Mandiri banking, atau melalui kantor pos dan ATM Bank lain berlogo ATM Bersama jika tinggal di daerah yang tidak ada Bank Mandiri.

Bagi siswa yang mendaftar bidikmisi di website bidikmisi.dikti.go.id dan dinyatakan memenuhi syarat, maka tidak perlu membayar. Peserta akan langsung diberi Kartu Peserta Bidikmisi yang berisi KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN 2013.

Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan selama dua hari tanggal 18-19 Juni 2013 dengan sistem yang tidak jauh berbeda dengan ujian tahun kemarin.

Di hari pertama akan diadakan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). Selanjutnya di hari kedua akan diujikan  Tes Kemampuan Saintek (IPA) dan Soshum (IPS).

Bagi yang mengikuti ujian keterampilan, akan dilaksanakan pada 20-21 Juni 2013 yang dilakukan untuk peserta program studi tertentu.

Mengenai kuota, hanya 30 persen saja mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur SBMPTN sehingga persaingan semakin ketat. Pelaksaan ujian akan dilaksanakan dua hari tanggal 18-19 Juni 2013.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan cek di website sbmptn.or.id atau bisa menghubungi Panitia Lokal SBMPTN 2013 Unsri di Jl Raya Palembang-Indralaya KM 32 Indralaya Ogan Ilir atau telepon (0711) 580169-580358. (Damayanti Pratiwi)
Editor: Sudarwan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas