• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Yang Mesti Diwaspadai Ortu Saat Anak Mau 'Prom Night'

Senin, 6 Mei 2013 10:13 WIB
SRIPOKU.COM, NEW YORK - Mendekati hari-hari pengumuman kelulusan sekolah, banyak siswa yang akan merayakannya dengan mengadakan acara perpisahan yang kalau di luar negeri disebut prom night.

Sementara banyak remaja sangat antusias untuk malam yang penuh dengan tari, pesta, dan hura-hura, orang tua bakal was-was karena tahu acara seperti itu penuh risiko, baik dari segi keselamatan maupun reputasi si anak.

Seperti dilansir FoxNews, Senin (6/5/2013), seorang ahli pendidikan dan penulis Bonding Over Beauty, Erika Katz, mencoba membantu orang tua untuk mencari tahu apa saja yang harus didiskusikan dengan anak-anak sebelum tiba malam itu.

1. Prom penuh kecemasan
Banyak para siswi yang mengalami kecemasan yang berkaitan dengan prom, apakah dia khawatir tentang siapa teman kencannya atau gaun yang akan dipakai.

"Banyak anak akan mengalami kekacauan soal diet. Mungkin akan ada yang mengonsumsi pil diet, pergi ke salon tanning, dan lain-lain. Jadi, orang tua harus waspada tentang hal itu," kata Erika.

Jika orang tua melihat adanya perubahan dalam diri anak, itu merupakan tanda bahwa orang tua harus menangani, mendekat dan bicara.

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang tua mungkin merasa anaknya tidak mendengarkan nasihatnya, para peneliti telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan seorang anak sebenarnya adalah orang tuanya, bukan temannya.

2. Seks pada malam prom
Jika orang tua menduga bahwa anak akan melakukan hubungan seks pada malam prom, maka orang tua wajib membahasnya dengan anak-anak.

Orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mendapatkan perlindungan. Bicaralah tentang bahaya melakukan hubungan seks di luar nikah dan segala risiko yang harus ditanggung.

Tekankan pada anak untuk menjauhi minuman beralkohol dan minuman lain yang berpotensi membuatnya hilang ingatan. Karena apabila terjebak, dengan mudah anak akan melakukan hubungan seks.

"Saya pikir harga dirinya benar-benar dipertaruhkan dalam hal ini. Anda harus membangun harga diri anak-anaknya," kata Erika.

3. Media sosial dan minum-minuman di malam prom
Foto dari malam prom sudah bisa dipastikan berakhir di media sosial, sehingga orang tua harus memperingatkan anak-anaknya untuk berhati-hati, dan tidak merekam atau melakukan hal-hal yang tidak diingingkan.

Erika memperingatkan orang tua untuk tidak masa bodoh dan mengizinkan anak-anaknya untuk minum pada malam prom. Wajib bagi Anda untuk memberitahu dampak buruk dari alkohol dan minuman lain yang membahayakan.

Selain risiko keamanan yang terkait dengan alkohol, akan ada konsekuensi serius lainnya pada saat remaja tertangkap basah mabuk-mabukkan. Entah itu difoto pada malam prom atau yang lebih fatal ada teman yang merekam aksinya, dan menggunggahnya ke Youtube.

"Hati-hati, jika itu sampai terjadi, anak bisa dikeluarkan dari sekolah dan kemungkinan ijazahnya tidak dapat diambil untuk melanjutkan anak ke perguruan tinggi," kata Erika. (Adt/Abd)
Sumber: Liputan6.com
Editor: Bedjo
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
296522 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas