Rabu, 26 November 2014
Sriwijaya Post

Bawaslu Sumsel: Semua Cagub Langgar Kampanye

Rabu, 1 Mei 2013 07:49 WIB

Bawaslu Sumsel: Semua Cagub Langgar Kampanye
PALEMBANG.TRIBUNNEWS.COM
Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua Badan Pengawas Pemilu Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya menilai, semua calon gubernur- wakil gubernur saat ini masih melakukan pelanggaran kampanye, meskipun sebelumnya telah dibuat kesepakatan.

"Hari ini kami mengumpulkan empat tim kampanye calon gubernur-wakil gubernur Sumsel," kata Andika di Palembang, Selasa (30/4/2013).

Menurut dia, dalam pertemuan pihaknya telah membahas beberapa persoalan yang sebelumnya telah disepakati dengan tim kampanye.

Beberapa waktu lalu tim kampanye calon telah membuat kesepakatan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk sama-sama mematuhi semua regulasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumsel, katanya.

Namun dalam pelaksanaannya, kata dia, tim pemenangan masing-masing calon masih melanggar kesepakatan yang telah dibuat seperti pemasangan atribut, kampanye di luar jadwal dan pemasangan iklan di sejumlah media cetak dan elektronik juga masih terjadi.

"Tadi kami bersama tim kampanye telah melakukan pembahasan kembali, dan alhamdulillah masing-masing pihak memahami aturan tersebut," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan, kalau kesepakatan yang dibuat tidak akan melarang kandidat melakukan sosialisasi asal tidak bertentangan dengan aturan.

"Yang ingin pasang iklan silakan saja, tetapi jangan yang masuk unsur kampanye," tuturnya.

Apabila masih ada tim sukses melanggar kesepakatan telah dibuat, maka pihaknya akan melakukan tindakan sesuai pelanggaran yang dibuat.

Ia juga menjelaskan, setiap kali melakukan penertiban tim dari Bawaslu dilengkapi surat tugas dan pakaian seragam.

"Di luar itu kami tidak bertanggung jawab," ujarnya seraya menyatakan meminta agar Polisi Pamong Praja di setiap tingkatan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing.

Apabila masih ada tim sukses melanggar kesepakatan telah dibuat, maka pihaknya akan melakukan tindakan sesuai pelanggaran yang dibuat, katanya.
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Antara

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas