Jumat, 19 Desember 2014
Sriwijaya Post

Ishak Mekki Serahkan Sertifikat untuk Jaringan Kota Hijau Dunia

Jumat, 26 April 2013 07:33 WIB

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG – Pembina Eno Indonesia Ir H Ishak Mekki MM yang juga selaku Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), menyerahkan sertifikat Eno Green Cities Network (Jaringan Kota Hijau Dunia) kepada empat kepala daerah yang dianggap peduli pada pelestarian lingkungan di wilayah mereka masing-masing.

Sertifikat diserahkan kepada Walikota Kupang NTT Jonas Salean SH M Si, Bupati Poso Sulawesi Tengah Piet Inkriwang, Bupati Kendal Jawa Tengah Widya Kandi Susanti dan Bupati Bantaeng Sulawesi Selatan DR Ir H M Nurdin Abdullah M Agr.

Penyerahan dilakukan pada acara ENO Tree Planting Day dan penyerahan Sertifikat ENO Green Cities Network berlangsung di Monumen Gong Perdamaian Hutan Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (25/4/2013).

Ditetapkannya empat daerah tersebut sebagai jaringan kota hijau tersebut atas komitmennya dalam melakukan penghijauan dan pelestarian lingkungan secara kontinyu diwilayah masing-masing. Diantaranya menyediakan ruang terbuka berupa hutan kota minimal seluas dua hektar, yang tidak boleh dialih fungsikan serta terus melakukan penanaman pohon setiap tanggal 22 April dan 21 September yang merupakan hari menanam pohon ENO yang juga hari  Bumi se-Dunia dan hari Perdamaian International. Uniknya, program ini melibatkan anak-anak sekolah sebagai pelaku–pelaku utamanya.

Penetapan kota hijau dikeluarkan oleh ENO Internasional yang bermarkas di Finlandia oleh direktur dan pendiri ENO Mika Van Hannen. Penetapan Jaringan Kota Hijau Dunia ini juga telah dilakukan dipelbagai belahan negara lain.
Penulis: Mat Bodok
Editor: Soegeng Haryadi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas