Kamis, 2 April 2015

Rachmawati Soekarnoputri Somasi Taufik Kiemas

Senin, 15 April 2013 16:02

Rachmawati Soekarnoputri Somasi Taufik Kiemas
Teguhtimur
Rachmawati Soekarnoputri

Racmawati mengatakan dalam somasi yang diajukan berupa teguran agar MPR tidak mensosialisasikan kosakata empat pilar yang dikaitkan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Menurut Rachmawati penggunaan kosakata empat pilar yang dikaitkan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah sebuah penyesatan bila dikaitkan dengan kata pilar dengan kalimat empat pilar negara.

"Saya sangat mendukung upaya MPR untuk menyosialisasikan kembali Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, namun tidak setuju adanya penggunaan kosakata empat pilar," kata Rachma dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Rachma penggunaan kosakata empat pilar mengakibatkan adanya penyesatan dan pengaburan terhadap pengertian dan makna Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Rachma menjelaskan definisi dari 'Pilar'. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pilar yang artinya tiang penguat (dari batu, beton).

Selain itu, Pilar juga diartikan sebagai dasar (yang pokok), induk.

Terakhir, pengertian Pilar sama dengan kap tiang berbentuk silinder pejal atau berongga untuk menyangga balok geladak atau bagian konstrulsi lain di kapal.

Halaman123
Editor: Sudarwan
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas